Bantu Stok PMI, RSUD dr Sayidiman Magetan Gelar Aksi Donor Darah

Beritatrends, Magetan – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Sayidiman Magetan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Magetan menggelar aksi donor darah, berpusat di Ruang Pertemuan Baru, Selasa (9/5/2023).

Aksi donor darah ini merupakan kegiatan rutin untuk menunjukkan kepedulian RSUD setempat pada pasien yang membutuhkan transfusi darah.

“Kegiatan ini kami fasilitasi rutin dan secara langsung kami membantu pasien agar mencari darah jangan sampai keluar daerah,” jelas Direktur RSUD dr. Sayidiman Magetan, dr. Rochmad Santoso disela kegiatan donor darah.

Selain memang kegiatan rutin, lanjut dr. Rochmad, aksi donor darah kali ini bertujuan untuk menjaga ketersediaan stok darah di PMI Magetan yang beberapa waktu lalu sempat menipis.

“Melihat stok darah di PMI pada waktu itu menipis, sehingga kami melaksanakan dan menjadwalkan kegiatan ini untuk membantu peningkatan stok darah di PMI,” terangnya.

Adapun peserta donor darah berasal dari karyawan RSUD dr. Sayidiman Magetan sendiri, dengan total peserta yang telah terdaftar sebanyak 53 orang.

Sebelum diambil darahnya, puluhan pendonor tersebut juga harus mengikuti skrining awal yakni cek kesehatan oleh petugas.

Hal ini dilakukan mengingat pendonor memang harus dalam keadaan sehat sesuai kriteria dan persyaratan secara medis.

“Ada 53 peserta, akan tetapi harus dicek lagi untuk memastikan mungkin ada penyakit yang tidak memenuhi kriteria bagi pendonor,” pungkas dr. Rochmad.

Baca Juga  Di Magetan Peringatan Hari Farmasi Sedunia : TBC Penanganannya Seperti Covid Karena Penularan Berantai

Pos terkait