Polres Ponorogo Canangkan Pembangunan Zona Integritas

Kapolres Ponorogo AKBP Catur Cahyono Wibowo bersama Forpimda pencanangan pembangunan zona integritas

Beritatrends, Ponorogo – Kepolisiaan Resort Ponorogo mencanangkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan melayani (WBBM).

Pencanangan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui pelayanan yang professional, bersih, bebas dari pungutan liar (pungli).

Komiten pencanangan pembangunan zona integritas tersebut ditandai dengan penandatanganan pakta integritas oleh Kapolres Ponorogo, AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK, MH bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Ponorogo di aula Mapolres setempat, Selasa (18/1).

Kapolres Ponorogo, AKBP Catur Cahyono Wibowo dalam sambutannya menyampaikan bahwa, mulai hari ini pihaknya mulai mencanangkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani di Polres Ponorogo.

“Zona Integritas , Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) bukanlah hal baru tetapi adalah hal lama yang harus diingatkan kembali, sebagai aparatur negara serta sebagai pelayan masyarakat. Dengan dilibatkanya forum Forkompinda itu, bukan sekadar saksi, tetapi merupakan mitra Polri dalam mendidik masyarakat, dalam menekan budaya KKN sebagai bentuk sinergitras antar instansi, “kata AKBP Catur Cahyono Wibowo.

AKBP Catur Cahyono Wibowo mengatakan, dengan dilakukannya penandatanganan pakta integritas ini, sesuai dengan Program Reformasi Birokrasi Polri, sebagai wujud keseriusan dalam mewujudkan pelayanan publik yang terbaik kepada masyarakat. Pihaknya menambahkan untuk mewujudkan pembangunan zona wilayah birokrasi bersih dan melayani merupakan hal yang tidak mudah dan sulit, namun juga merupakan hal yang tidak mustahil akan bisa dicapai apabila seluruh pihak memiliki tekad dan kemauan kuat, untuk mewujudkan hal tersebut.

“Pencanangan zona integritas wilayah bebas dari korupsi akan terwujud apabila aparatur negara memiliki sikap mental terpuji, bersih dan melayani yang ditunjukan dengan perilaku yang menunjang seperti kerja dengan tulus, ikhlas dan cerdas. Kita berusaha meraih zona integritas, dan kita tidak bisa bekerja sendiri, namun kita melibatkan instansi terkait, kita sebagai lembaga internal dan tim penilai dari lembaga eksternal, dari Ombudsman, Kemenpan, jadi secara administrasi, pelayanan, pasti akan melibatkan instansi terkait sehingga komitmen dari mereka sangt kami butuhkan untuk mensupport program tersebut, “imbuhnya.

Lebih lanjut AKBP Catur Cahyono Wibowo berharap apa yang menjadi tujuan Polres Ponorogo untuk meraih zona Integritas, zona WBK dan WBBM ditahap awal ini bisa diwujudkan.

“Kemarin memang ada beberapa sektor yang harus dibenahi dan disempurnakan sehingga sektor yang kurang ditahun 2021 bisa sempurna ditahun 2022 kita tingkatkan di Polres Ponorogo ini. Baik secara sumber daya manusia, sarana prasarana, sehingga dapat terlayani dengan profesional, mengutamakan kepentingan masyarakat menampilkan keteladanan sehingga penetapan zona integritas tidak hanya sebatas slogan saja, “pungkasnya.

Pos terkait