Pondok Pesantren Pondok Baitul Quran Al Jahra Magetan Gelar Pawai Tarhib Dalam Rangka Menyambut Bulan Suci Ramdhan

Beritatrends, Magetan – Marhaban ya Ramadhan, dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1443 Hijriyah, Pondok Pesantren Pondok Baitul Quran Al Jahra dibawa naungan Yayasan Nur Rosidan Kabupaten Magetan Jawa Timur, menggelar Pawai Tarhib Ramadan dengan turun kejalan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat.

Dengan maksud mengajak atau mengingatkan kepada masyakat Magetan bahwa sebentar lagi bulan Suci Ramadahn Tiba, ini sebagai tradisi tahunan dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan, Kamis (31/3/2022).

Nur Wahyudi selaku Ketua Yayasan Nur Rosyidan dalam sambutanya mengatakan pawai ini digelar setelah sempat ditiadakan selama dua tahun karena pandemi Pawai Tarhib yang di gelar pada hari ini di ikuti oleh seluruh santi dan satriwati. Yayasan Nur Rosyidan memiliki 2 sekolah diantaranya yaitu MA IT Baitul Qural Al Jahra, serta SMP IT Baitul Qur’an Al- Jahra.

Selain itu yayasan Nur Rosyidan juga memiliki Pesantren Baitul Qur’an l-Jahra dan Lembaga Tahfidz Qur’an Baitul Qur’an Al-Jahra yang mana menampung santri yang ditujukan untuk kedepanya bisa menglulusan santri yang hafal al-qur’an (Hafidz).

Pihaknya berpesan kepada seluruh santri dalam menyambut bulan Ramadhan Tahun ini bisa dijadikan moment untuk meningkatkan semangat ruqiah, fitrah dan semangat nilai-nilai jasmani.

Para santri diagendakan untuk mengikuti runtutan acara yang di langsungkan di pesantren selama 7 hari Ramadhan yang diawali dengan Pawai Tarhib.

“Mulai hari ini Pihaknya berharapkan Ananda santri yang ada disini untuk mempersiapkan secara jasmani dan rohani untuk siap mengikuti ibadah Ramadhan tahun ini,”terangnya.

Pawai kali ini bukan untuk ria’, akan tapi bermaksud untuk menggugah masyarakat sekitar dan juga mengingatkan untuk menyambut bulan Ramadhan yang suci ini.

“Tidak perlu tergesa-gesa, jaga kerapian barisan, jaga lisan dan kebersamaan dalam pawai ini. Selain itu juga tidak lupa untuk membagikan Jadwal Imsakiyah Bulan Ramadhan kepada masyarakat sekitar yang dilalui dalam rute pawai, sehingga bermanfaat untuk kita dan masyarakat,” imbuhnya

Mengingat sekarang ini masih dimasa pandemic, pawai ini juga dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

“Jangan lupa semua santri untuk tetap memagai masker, jaga jarak dan juga protokol kesehatan,”terangnya.

Ditempat yang sama Ketua Panitia Pawai Tarhib Supriyadi S,Kom menjelaskan, pawai ikuti oleh sekitar 600 santri yang ada di Yayasan Nur Raysidan, selain untuk menyambut dan mengingat Pawai ini juga ditujukan untuk syiar pesantren.

“Pawai ini dilaksanakan melewati rute Magetan Kota dan kembali lagi ke Pesantren, dan pihaknya menambahkan bahwa acara ini di tujukan untuk menggugah semangat masyarakat dalam menyambut Bulan Ramadhan 1443 Hijriah,” pungkasnya.

Pos terkait