Puzzle dan Ular Tangga Jadi Daya Tarik SPAB di SMKN 1 Lengkong

Mosipena menarik minat para siswa SMKN 1 Lengkong, yang berada Desa Banjar Dowo, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk.

Beritatrends, Nganjuk – Aneka permainan yang disajikan dalam Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena) menarik minat para siswa SMKN 1 Lengkong, yang berada Desa Banjar Dowo, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk.

Mosipena ini merupakan bagian dari Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) yang diadakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur bersama Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur, Selasa dan Rabu, 22-23 Agustus 2023.

Para siswa antusias bermain puzzle dan ular tangga. Kedua permainan ini berisikan edukasi tentang kebencanaan. Siswa dapat bermain interaktif bersama teman-temannya sambil membaca buku di perpustakaan Mosipena. Selain itu, ada tayangan interaktif dan edukatif mengenai potensi bencana yang ada di Indonesia.

Anggota Komisi E DPRD Jatim Ida Bagus Nugroho mengatakan, pendidikan kebencanaan menjadi perhatian utama pihaknya. “Salah satunya adalah pendidikan kebencanaan bagi siswa dan guru di satuan pendidikan,” katanya yang membuka kegiatan ini.

Potensi bencana di wilayah SMKN 1 Lengkong di antaranya gempa bumi, banjir, angin puting beliung, dan kebakaran, terutama saat musim kemarau.

Hadir dalam SPAB kali ini Penata Penanggulangan Bencana (PB) Ahli Madya BPBD Jatim Sriyono, Kalaksa BPBD Ngajuk Abdul Wakid, ‌Kepala SMKN 1 Lengkong Harbudi Susilo, Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Nganjuk Suhadi, dan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Nganjuk Anik Setyowati.

Sementara Tim Fasilitator SPAB dari SRPB Jatim adalah Aslichatul Insiyah, Nurul Wachida, dan Berliana Nur Regita. Para peserta mendapatkan teori dan praktik kebencanaan.

Baca Juga  Momentum Hardiknas, Suwata Beber Kondisi Pendidikan dan GTT di Magetan

Pos terkait