Ramainya Pawai Thek Thur Bersih Desa Kelurahan Kebonagung 2023

Pawai Thek Thur Bersih Desa Kelurahan Kebonagung 2023

Beritatrends, Magetan – Suara kentongan bambu terdengar nyaring di sepanjang jalur perkotaan Kabupaten Magetan Sabtu (05/08/2023) siang.

Rupanya, Kelurahan Kebonagung Kecamatan Magetan tengah menggelar kegiatan bersih desa yang diramaikan dengan Pawai Thek Thur.

Ketua Panitia Pelaksana Agus Harmawan mengatakan, Pawai Thek Thur merupakan acara rutin tahunan yang dilaksanakan setiap Bulan Muharram atau Bulan Jawa Suro.

“Tiap bulan Jawa Suro Kelurahan Kebongagung selalu mengadakan kegiatan seperti ini setelah sekian lama vakum. Konsepnya sama, yakni mengirim leluhur dengan kirim doa di Makam Mbah Sundul sebagai babat Kelurahan Kebonagung dan dilanjutkan dengan kirab,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan, acara tersebut berhasil menyedot animo masyarakat untuk hadir dan terlibat dalam Pawai Thek Thur.

Terbukti ratusan warga dari berbagai kalangan turut antusias berjalan kaki dengan mengenakan pakaian adat Jawa sembari memukul kentongan bambu.

Bupati Magetan Suprawoto yang hadir untuk memberangkatkan rombongan pawai dari depan Kantor Kelurahan Kebongagung mengapresiasi penuh pelaksanaan event tahunan tersebut.

Menurutnya, bersih desa merupakan bentuk transformasi budaya kepada anak-anak sebagai penerus bangsa.

“Terima kasih inilah bentuk transformasi budaya bahwa ada tradisi yang perlu kita wariskan dengan cara menunjukkan sekaligus terlibat dalam pawai. Ini bentuk nyata menanamkan nilai kepada anak-anak,” tuturnya.

Ditambahkan Bupati, bersih desa bertujuan untuk menjauhkan dari sukerto (segala hal buruk) yang ada di suatu desa.

“Kalau disini bersih desa bentuknya Pawai Thek Thur untuk menjaga keamanan, kemudian juga bisa dimaknai bahwa dengan suara kentongan penyakit bisa pergi,” pungkasnya.

Baca Juga  Rohil Genap Berusia 23 Tahun, Wujudkan Kabupaten Rohil : Aman, Amanah, Makmur, dan Nyaman

Pos terkait