Rambu Lalu Lintas di Magetan Jadi Sasaran Aksi Vandalisme

Rambu Lalu Lintas 

Beritatrends, Magetan – Sejumlah rambu lalu lintas (lalin) di Kabupaten Magetan Jawa Timur jadi sasaran vandalisme.

Aksi coretan baik menggunakan stiker maupun cat semprot masih kerap di temukan di sejumlah wilayah, salah satunya di Jalan Tembus Sarangan-Cemoro Sewu.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Magetan, Welly Kristanto menyayangkan maraknya aksi vandalisme tersebut.

“Kita patut sayangkan karena rambu itu sebagai isyarat untuk pengguna jalan sementara lokasi sepanjang jalur tersebut bisa dikatakan rawan, terlebih bagi yang belum terbiasa lewat,” ujarnya, Senin (19/02/2024).

“Apalagi saat ini musim penghujan, saat kabut tebal patokan pengguna jalan salah satunya rambu-rambu tersebut,” tambah Welly.

Welly mengakui, rambu lalin yang berada di ruas jalan provinsi tersebut merupakan kewenangan Dishub Provinsi. Namun pihaknya menyebut tetap ikut serta dalam melakukan pengawasan.

“Dalam pengawasan juga sebenarnya kewenangan Dishub Provinsi, namun karena kita kewilayahan, dan rambu itu juga berfungsi untuk masyarakat Magetan maka Dishub setempat ikut mengawasi bekerja sama dengan Satlantas Polres Magetan dan UPT LLAJ Provinsi Jawa Timur,” paparnya.

Selain mengawasi, Dishub setempat juga mengupayakan agar fungsi rambu lalin dapat terbaca. Diantaranya pembersihan menggunakan minyak dan pemasangan spanduk himbauan.

Kadishub Magetan juga menghimbau agar aksi semacam ini tak kembali dilakukan lantaran dapat membahayakan dan mengganggu pengguna jalan.

“Apabila ketahuan mecorat-coret ada sanksi bagi pelaku,” tandasnya.

Baca Juga  Polsek Sukorejo Bersama Bhayangkari Salurkan Sembako Kepada Warga

Pos terkait