Relawan PKS Magetan dilatih Mitigasi dan Penanganan Bencana

Relawan PKS Magetan dilatih Mitigasi dan Penanganan Bencana

Beritatrends, Magetan – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Magetan, Jawa Timur, menyelenggarakan Pelatihan Relawan Tanggap Bencana di Cafe Cam 78 Sarangan.

Pelatihan ini diikuti oleh lebih dari 70 peserta yang terdiri dari kader internal PKS dan beberapa relawan dari luar daerah. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung hingga Minggu (18/08/2024).

Ketua Pelaksana, Supriadi, menjelaskan bahwa tujuan utama pelatihan ini adalah mempersiapkan kader PKS agar selalu siap siaga dalam menghadapi bencana.

“Kami bukan mengharapkan bencana terjadi, namun ketika bencana melanda, di mana pun itu, kader PKS siap turun untuk melayani dan membantu masyarakat. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk menambah personel dan melakukan regenerasi,” ujarnya usai pembukaan pelatihan, Kamis (15/08/2024).

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini mencakup kebencanaan, mitigasi bencana, pengadaan posko, hingga pelatihan SAR (Search and Rescue).

Menurut Supriadi, karena jenis bencana sangat beragam, penting bagi para kader untuk menguasai ilmu kebencanaan serta memahami medan sebelum terjun ke lapangan.

“Pelatihan ini dibimbing oleh tim kerelawanan dari Magetan dan kami juga mengundang pengurus wilayah dari Jawa Timur,” tambah Supriadi.

Ketua DPD PKS Magetan, Marhan Firdaus Irfan, mengungkapkan bahwa pelatihan semacam ini merupakan kegiatan rutin tahunan PKS.

“Kegiatan ini bukan hal baru bagi PKS. Kami selalu berupaya terjun membantu ketika bencana terjadi, baik di Magetan maupun di daerah lain. Pelatihan ini adalah bentuk peningkatan keilmuan dan keterampilan kader kami,” kata Marhan.

Marhan menambahkan bahwa PKS sudah teruji dalam menurunkan relawan ke berbagai wilayah yang terkena bencana, termasuk saat bencana di Aceh dan Palu beberapa waktu lalu.

Baca Juga  Pemkab Sampang Gelar Gathering Media dengan Desa Dalam Rangka Percepatan Pembangunan Desa

Ia juga menekankan pentingnya tanggung jawab dan kemampuan teknis dalam menghadapi bencana, seperti banjir, tanah longsor, dan lainnya.

“Kami ingin memastikan bahwa kader kami tidak hanya memiliki pengalaman tetapi juga siap terjun ke medan bencana dengan pengetahuan yang mumpuni,” tutupnya.

Dengan pelatihan ini, PKS berharap kader-kader mereka akan semakin siap menghadapi situasi darurat di lapangan, baik di Magetan maupun di daerah sekitarnya, dan dapat memberikan kontribusi maksimal bagi masyarakat yang terdampak bencana.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *