Rutan Magetan Gelar Operasi Penggeledahan Blok Hunian

Gandeng TNI-POLRI, Rutan Magetan Gelar Operasi Penggeledahan Blok Hunian

Beritatrends, Magetan – Menindaklanjuti Surat Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-PK.08.05-714 tanggal 2 Mei 2023 perihal Pelaksanaan Langkah Progressive Sebagai Tindak Lanjut atas maraknya pengaduan terhadap Lapas/Rutan terkait Peredaran Narkoba, Penipuan Online, Pungli, dan lain-lain di lingkungan UPT Pemasyarakatan, Kepala Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim beserta jajaran melakukan operasi penggeledahan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Senin (08/05/2023).

Rutan Magetan menggandeng TNI-POLRI dalam Operasi Penggeledahan kali ini. Sebelumnya, pihak Rutan telah mengirimkan surat undangan untuk Kodim 0804 Magetan dan Polsek Magetan terkait pelaksanaan operasi penggeledahan bersama. Menanggapi undangan tersebut, Kodim dan Polsek mengirimkan masing-masing personelnya untuk membantu pelaksanaan operasi penggeledahan yang dimaksud.

Kegiatan diawali dengan apel bersama yang dipimpin oleh Kepala Rutan Eries Sugianto. Dalam sambutannya, Eries menekankan pentingnya sikap sopan dan manusiawi saat pelaksanaan operasi penggeledahan. “Selalu kedepankan sikap humanis agar Warga Binaan kooperatif, sehingga operasi penggeledahan dapat berjalan dengan lancar”, pesannya.

Selanjutnya Didi Rahmadi selaku Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan membagi seluruh personel ke dalam 2 tim. Setiap tim diarahkan menuju kamar hunian yang sudah disepakati sebelumnya yang berada di Blok Tahanan, Blok Narapidana dan Blok Wanita. Seluruh proses operasi penggeledahan nampak berjalan dengan situasi yang aman dan tertib.

Dalam kegiatan penggeledahan kali ini, tidak ada temuan handphone dan narkoba yang berpotensi besar menciptakan gangguan kamtib di dalam Rutan. Namun ditemukan beberapa barang-barang terlarang seperti korek api, cermin, gelas dan kemasan balsem yang terbuat dari kaca, kartu remi, beberapa obat-obatan tanpa seizin Perawat Rutan, hingga besi berbentuk batang. Selanjutnya, Seluruh temuan disita yang kemudian akan dimusnahkan sesuai SOP yang ada.

Baca Juga  Membangun Untuk Kepentingan Bersama Itu Tidak Mungkin Dapat Dilakukan Sendiri

Bersamaan dengan pengumpulan hasil operasi, Karutan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh jajaran yang telah bekerja sama dalam menyukseskan kegiatan. “Ini merupakan kegiatan rutin kami. Selain untuk untuk memberantas barang-barang terlarang di dalam Rutan, Kegiatan ini juga menjadi langkah progresif menindaklanjuti banyaknya pengaduan di Lapas/Rutan terkait peredaran narkoba, penipuan online, pungli, dan lain-lain”, tutupnya.

Pos terkait