Sambung Rasa Komunitas Seni Reog Gagrak Magetan Mempunyai Ciri Tersendiri

Bupati Magetan Suprawoto saat menghadiri Komunitas seni Reyog Ponorogo Gagrak Magetan mengelar seni Reyog Ponorogo dalam acara Sambung Rasa, di Desa Sambirobyong, Kecamatan Sidorejo, Magetan, Selasa (09/08/2022).

Beritatrends, Magetan – Kesenian Reog Ponorogo memiliki solah dan joget pakem, solah ini masih di pertahankan di wilayah Kabupaten Magetan Jawa Timur.

Saat ini solah Reog lawasan telah menjadi ciri khas asli di Magetan dan dilestarikan agar tidak punah ditelan moderenisasi.

Melalui Komunitas seni Reyog Ponorogo Gagrak Magetan mengelar seni Reyog Ponorogo dalam acara Sambung Rasa, di Desa Sambirobyong, Kecamatan Sidorejo, Magetan, Selasa (09/08/2022).

Seni Reog hingga saat ini menjadi seni tradisonal diberbagai wilayah, selain pusat terbesarnya di Kabupaten Ponorogo, Reog juga sudah menyebar luas diberbagai daerah, salah satunya di Magetan sendiri. Tak heran Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M.Si berpesan kepada Komunitas Seni Reog Gagrak Magetan agar terus berinovasi sehingga mempunyai ciri tersendiri.

Bupati Magetan Suprawoto didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Magetan, Joko Trihono, Kepala Desa Sambirobyong, Sukarna serta Kepala OPD terkait, Suprawoto mengatakan, rasa bangganya atas dedikasi terhadap komunitas Seni Reog Gagrak Merak yang ada di Magetan.

“Saya bangga atas inisiatif dan dedikasi dari para komunitas Seni Reog Gagrak Merak Magetan hingga saat ini terus melestarikanya, apalagi dijaman seperti ini masih banyak anak-anak muda yang juga ikut berpartisipasi ikut melestarikan seni reog ini,”ungkap Suprawoto.

Kesenian harus disesuaikan dengan perkembangan jaman, kreasi dan inovasi tanpa meninggalkan pakem serta substansi di dalamnya.

“Sehingga seni tersebut disukai oleh anak-anak jaman sekarang dan tetap eksis di era modern, kita ditakdirkan menjadi orang Jawa, sehingga kewajiban kita untuk melestarikan budaya Jawa.”jelasnya.

Baca Juga  Dandim Ponorogo Bacakan Amanat Panglima TNI Pada Upacara HUT Ke- 77 TNI Tahun 2022

 

Ditempat yang sama, Penasehat Komonitas Seni Reog Gagrak Magetan, Sukarna didalam forum yang bertajuk santai ini juga menyampaikan, bahwa di Magetan sendiri sebenarnya juga terdapat puluhan komunitas dan sanggar seni Reog, tak menutup kemungkinan pihaknya juga berharap ada dukungan dari Pemkab magetan.

“Sebenarnya di Magetan sendiri ada puluhan komunitas dan sanggar seni reog, dan alhamdulillah salah satunya dari Komunitas Seni Reog Gagrak Magetan, ini sebuah kebanggaan bisa berpartisipasi dalam Festival Reog Nasional 2022 dan mendapatkan nominasi 10 besar pelestari Reog. Tak lepas dari ini semua, kami berharap ada dukungan dari Pemkab Magetan agar komunitas reoog di Magetan makin berkembang dan berprestasi,”pungkas Sukarna.

Pos terkait