Pemkab Ponorogo Gelar Festival Karawitan Tingkat Pelajar

 Festival karawitan yang diikuti oleh pelajar tingkat SD yang digelar Pemkab Ponorogo

Beritatrends, Ponorogo – Pemkab Ponorogo menggelar festival karawitan tingkat pelajar SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK dan umum. Festival karawitan tersebut digelar dalam rangka peringatan Grebeg Suro dan Hari Hadi Ke-526 Kabupaten Ponorogo tahun 2022.

“Tidak sulit mencari peserta lomba mocopat maupun karawitan setingkat SD, SMP, dan SMA. Tercatat 33 SD , 54 SMP, dan 11 SMA ambil bagian dalam lomba mocopat yang berlangsung dua hari, Sabtu (6/8/2022) hingga Minggu (7/8/2022). Masing-masing menyertakan peserta di kelompok putra serta putri. Sedangkan peserta lomba karawitan diikuti 12 SD, 13 SMP, dan 7 SMA pada Senen (8/9) di pendopo agung. Ini agenda rutin setiap tahun bersamaan Grebeg Suro. Lomba kerawitan sudah berlangsung sejak 2004. Juri lomba karawitan terdiri akademisi dari ISI (Institut Seni Indonesia) Surakarta, “kata Ketua Penyelenggara Sindu Parwoto, Rabu (10/8).

Sementara itu, Bupati Ponorogo Kang Sugiri Sancoko menyampaikkan bahwa Pemkab Ponorogo ingin membentuk kalangan pelajar sebagai kader budaya. Kesenian reog, mocopat, dan seni karawitan selama ini sudah menjadi muatan lokal ekstrakurikuler di sekolah.

“Sebagai generasi muda tidak hanya pintar secara intelektual, melainkan juga harus unggul secara moral dan berbudaya. Lomba mocopat dan karawitan yang digelar setiap tahun ini bukan semata melestarikan kesenian daerah. Namun, lebih bertujuan pembentukan karakter. Produk pemuda masa depan adalah individu yang berbudaya, bersikap santun, lembut, dan indah. Dan yang paling penting adalah jadi pemuda yang hebat, “pungkasnya.

Baca Juga  SRPB Jatim Hadiri Puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana di Jogjakarta

Pos terkait