Sambut Pemudik, Festival Jeruk Pamelo di Gelar di Area Taman Bunga Refugia Magetan

Beritatrends, Magetan – Untuk menyambut para pemudik yang berdatangan di Kabupaten Magetan, Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) menggelar Festival, Bursa dan Kontes Jeruk Pamelo di area parkir Kebun Refugia Magetan, Jawa Timur. Sabtu (07/05/2022)

Festival kali ini bertujuan untuk memperkenalkan jeruk asli Magetan agar salah satu icon di Magetan ini bisa menjadi satu daya tarik bagi wisatawan yang berdatangan di Kabupaten Magetan.

Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto., SH. M.Si menuturkan bahwa agenda tahunan festival jeruk pamelo kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, yang mana kali ini dilaksanakan di Kawasan Kebun Refugia Magetan.

“Kali ini dilaksanakan di area Kebun Refugia Magetan itu dikarenakan tempatnya lebih luas dan mengenalkan kembali kepada masyarakat, karena di hari sabtu dan minggu Kebun Refugia Magetan itu ramai didatangi pengujung, apalagi ini libur hari raya idul fitri 1443 H, sehingga lebih leluasa mengadakan festival tahunan jeruk pamelo di Magetan,” jelas Suprawoto.

Bupati menambahkan, memang bertani buah itu resikonya adalah banyaknya hama, dan ini biasanya petani itu mungkin kegagalan bermacam sebab, tetapi lalat buah itu sebetulnya bisa dicegah melalui segala cara.

“Mencagah hama itu sebetulnya harus menjadi perhatian nanti kepala Dinas TPHPKP nanti ini menjadi catatan, jangan sampai petani di Magetan itu nanti mengalami gagal panen,” imbuh Suprawoto.

Bupati Suprawoto menjelaskan biasanya panen raya itu hanya 1 bulan itu bisa diperpanjang, seperti yang dikatakan ketua asosiasi bahwa itu bisa direkayasa mulai maret sampai bulan mei. “Inikan lumayan, livetimenya Panjang sehingga harganya nanti tidak terlalu jatuh, karena waktunya pendek pasti harganya jatuh,” kata Suprawoto.

Bupati juga berterimakasih kepada pemuda pelopor yang telah ikut serta memasarkan jeruk pamelo asal Magetan melalui Media Online, dan harganya sangat bagus apabila melalui online. “20% jeruk pamelo itu dijual lewat Online, dan untuk harganya sangat bagus apabila dijual lewat online.” tutup Suprawoto

Pos terkait