Satu Langkah Menuju Anggota PPS, 2146 Peserta Jalani Seleksi Tertulis

2146 Peserta Jalani Seleksi Tertulis

Beritatrends, Magetan – Setelah melalui tahapan seleksi administrasi, 2146 calon anggota PPS saat ini memasuki tahapan seleksi tertulis, yang digelar di Gor Ki Mageti, Jumat (6/1/2023). Seleksi tertulis ini merupakan tahap kedua untuk nantinya diambil calon anggota berjumlah 3 kali kebutuhan desa.

Menurut Nur Salam, Koordinator Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Magetan, mengatakan bahwa seleksi tertulis memang sengaja dilakukan secara serentak pada hari ini. “Sengaja jadi satu, karena melihat anomi peserta yang luar biasa. Selain itu, peserta dikumpulkan di Gor karena dinilai lebih efektif termasuk kerahasiaan dan transparansinya,” jelasnya.

Tak sama dengan seleksi anggota PPK yang menggunakan sistem CBT, untuk seleksi calon anggota PPS dilaksanakan dengan sistem PBT atau berbasis kertas. Adapun materi soal yang diujikan meliputi materi wawasan kebangsaan, pengetahuan tentang kepemiluan, pengetahuan kompetensi dasar, dan pengetahuan umum.

“Meskipun seleksi dilaksanakan secara manual, tapi soal hampir sama dengan CAT. Artinya peserta mendapat soal yang beragam dan tidak sama,” jelas Nur Salam.

Setelah ini, hasil seleksi tertulis akan diumumkan pada tanggal 11 Januari mendatang, untuk kemudian dilanjutkan dengan tahapan seleksi wawancara.

Ketua KPU Magetan, Fahrudin, S.Ag., berharap kelancaran calon anggota PPS dalam tugas kepemiluan ini. “Harapannya, semua bisa menjalankan kepemiluan ini sesuai dengan tahapannya, dan kelak dapat menjalankan tugas dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu, Dra. Nanik Karsini, M.Si., Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur, mengingatkan agar siapapun nanti calon anggota PPS yang terpilih dapat melaksanakan tugas dengan profesional, integritas, dan penuh tanggung jawab. “Ingat sesuai tagline, KPU Melayani, Integritas 24 Jam,” pungkasnya.

Pos terkait