Sejarah Bagi Magetan, Raih Kembali Adipura 2024

Magetan Kembali Raih Adipura

Beritatrends, Magetan – Kabupaten Magetan kembali meraih Adipura. Penghargaan Adipura kategori kota kecil tersebut diserahkan oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong, bersama Direktur Jenderal PSLB3 Rosa Vivien Ratnawati kepada Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Magetan Hermawan, Selasa (5/3/2024).

Penganugerahan ini menjadi momentum bersejarah bagi Magetan, pasalnya tahun sebelumnya Magetan hanya meraih Sertifikat Adipura.

“Tahun ini Kabupaten Magetan mendapatkan Anugerah Adipura atau Piala Adipura, menandai peningkatan yang signifikan,” ungkap Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Magetan Hermawan, saat didampingi Kepala DLH Magetan, Saif Muchlisun dan Kepala Bidang PSLB3, DLH Magetan, Eny Purwanti di Jakarta.

Ini menjadi bukti keberhasilan Magetan dalam menjalankan Program Adipura. Program ini bertujuan untuk mendorong kepemimpinan dan komitmen pemerintah daerah serta melibatkan masyarakat dalam pertumbuhan ekonomi hijau, fungsi sosial, dan fungsi ekologis.

Dalam upaya mencapai prestasi ini, Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Ketahanan Pangan telah mengimplementasikan berbagai inovasi dalam pengelolaan sampah dan lingkungan. Antara lain, program Si Jolu (aksi Ijol Uwuh), Si Jupri (aksi Jupuk, Pilah, dan Resiki Sampah), Sambang TPA, Jumingsih, Si Kasih (aksi Kali Bersih), Si Tepo (Aksi Tebar Kompos), serta pemberdayaan masyarakat melalui pembentukan Bank Sampah.

Keberhasilan ini tidak hanya menjadi pencapaian bagi pemerintah daerah, tetapi juga mencerminkan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat Magetan dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Piala Adipura ini diharapkan akan menjadi inspirasi bagi daerah untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup.

Baca Juga  Viral di Tiktok! Pengunjung Sarangan Dilarang Duduk di Fasilitas Umum, Ini Tanggapan Pemkab Magetan

Pos terkait