Sering Turun Langsung Layani Warga, Wali Kota Maidi: Pemimpin Harus Hadir Untuk Sempurnakan Hidup Masyarakat

SALURKAN BANTUAN—Wali Kota Madiun, Maidi didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Madiun, Yuni Setyawati Maidi menyalurkan bantuan kursi roda bagi lansia ngebrok di Kelurahan Manguharjo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (13/7/2023).

Beritatrends, Madiun – Usai dilantik sebagai Wali Kota Madiun empat tahun silam, Maidi tak pernah lelah untuk turun langsung melayani warganya. Orang nomer satu di Kota Pendekar sering kali blusukan menemui warganya hingga masuk gang-gang terkecil di kota pecel.

Bagi Maidi, kehadiran sosok pemimpin di lapangan sangat berarti bagi rakyatnya. Selain dapat langsung melayani masyarakat dengan baik, pemimpin dapat melihat, mendengar, dan merasakan langsung apa yang dihadapi dan dialami warganya saat itu.

Untuk itu kehadiran seorang kepala daerah di lapangan akan menjadi bagian penyempurna kehidupan masyarakat yang dipimpinnya. Apalagi, pemimpin itu mampu memahami perasaan rakyatnya.

‘’Sebagai pemimpin, kita harus terus hadir untuk menyempurnakan kehidupan masyarakat. Karena itu pemimpin harus tahu perasaan yang dipimpin. Dan ini tidak cukup hanya dari balik meja. Untuk itu kita harus hadir untuk bisa memahami perasaan yang kita pimpin,’’ kata Wali Kota Maidi disela-sela penyerahan bantuan kursi roda bagi lansia ngebrok, Kamis (13/7/2023).

Menurut Maidi, saat menemui warga, diriya sengaja sering mengajak bercerita dengan masyarakat. Bahkan acapkali diselingi dengan canda hingga mengundang tawa antara dirinya dengan masyarakat.

Hal itu dilakukan agar dapat mendekatkan secara emosional antara seorang pemimpin dengan warga yang dipimpinnya. Dengan demikian, warga pun senang dan kehidupannya semakin sehat.

‘’Melayani itu tidak sekedar melaksanakan kewajiban kemudian selesai. Tetapi harus ada kedekatan emosional. Dengan didatangani, diajak ngobrol, masyarakat senang. Kalau senang, aliran darah lancar, hidup semakin sehat,’’ kata Maidi.

Baca Juga  PAPDESI Kecamatan Balong – Ponorogo Mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022

Selain blusukan, mantan Sekda Kota Madiun ini juga melaksanakan program menginap di rumah warga yang terangkai dalam Wali Kota Bersama Rakyat (WBR). Orang nomer satu di Pemkot Madiun memprogramkan menginap di rumah warga paling tidak mampu di satu kelurahan yang dikunjungi.

“Saya menginap disana untuk ikut merasakan apa yang dirasakan setiap hari warga kurang mampu tersebut,” jelas Maidi.

Apresiasi Program Wali Kota Maidi
Warga mengapresiasi program Wali Kota Maidi yang memperhatikan kehidupan lansia ngebrok di Kota Madiun. Perhatian Pemkot Madiun terhadap lansia ngebrok membantu banyak meringankan beban keluarga untuk merawatnya.

’Alhamdulillah kami sudah dibantu pak Wali Kota Maidi. Bantuan ini sangat meringankan karena ibu sudah tiga tahun ngebrok,’’ ujar Miasih, warga RT 31/RW 08, Kelurahan Manguharjo, Kamis (13/7/2023).

Miasih merasa lebih lega lantaran Wali Kota Madiun Maidi menyalurkan bantuan berupa kursi roda untuk membantu kegiatan sehari-hari ibu kandungnya bernama Minem. Bantuan kursi roda yang disalurkan oleh wali kota merupakan kerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat. Prosesi penyaluran juga dibantu oleh Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) kelurahan setempat.

Selain kursi roda, Miasih mengaku selama ini juga mendapatkan bantuan sosial lainnya dari Pemkot Madiun. Dengan demikian, bantuan itu cukup meringankan bebannya untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Wali Kota Maidi menyatakan sudah menjadi kewajiban pemerintah kota untuk membantu warganya yang membutuhkan. Harapannya bantuan itu dapat meningkatkan semangat warganya. ‘’Semoga dengan kursi roda ini kegiatan sehari-hari mereka bisa lebih mudah,’’ demikian Maidi.

Pos terkait