Sinergi Kelompok GHIPPA dalam Meningkatkan Ketersediaan Air dan Inovasi Pupuk Organik Cair di Magetan

GHIPPA dalam Meningkatkan Ketersediaan Air dan Inovasi Pupuk Organik Cair di Magetan

Beritatrends, Magetan – Gabungan Himpunan Petani Pemakai Air (GHIPPA) di Kabupaten Magetan telah menunjukkan langkah besar dalam menjaga ketersediaan air dan mengembangkan inovasi pertanian berkelanjutan.

Di bawah binaan UPTD PU (Unit Pelaksana Teknis Daerah Pekerjaan Umum), kelompok GHIPPA yang terdiri dari 26 unit dengan badan hukum berpartisipasi dalam lomba yang diadakan di tingkat kabupaten.

Menurut Bupati Magetan Suprawoto, lomba GHIPPA merupakan wujud komitmen dalam mengatur dan memastikan ketersediaan air yang adil bagi sektor pertanian di Magetan.

“Keterlibatan GHIPPA dalam lomba ini membuktikan bahwa air adalah elemen utama dalam keberlangsungan pertanian dan kehidupan manusia. Dengan adanya GHIPPA, tentu juga dapat untuk mengatasi konflik karena sudah ada kesepakatan pembagian air,” ujar Bupati, dalam acara penyerahan hadiah lomba GHIPPA tingkat kabupaten, sekaligus pemberian pembinaan pada juara terpilih tahun lalu, di Sekretariat GHIPPA Tirto Manunggal Parang, Jumat (13/08/2023).

Ditambahkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Muhtar Wahid menyebut, aspek-aspek yang dinilai dalam lomba mencakup aspek administrasi, kelembagaan, irigasi, pertanian, dan pembiayaan.

“Lomba GHIPPA tidak hanya mengedepankan aspek kompetisi semata, tetapi juga membantu mengembangkan kelompok petani sebagai lembaga yang efektif dalam mengatasi tantangan air dan pertanian,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kadin PUPR juga memastikan akan terus mendukung para GHIPPA yang ada di Magetan, pun bersinergi dengan pihak terkait.

“Pembinaan dari berbagai lembaga turut mendukung pengembangan GHIPPA. Sinergi antara Biro Sumber Daya Air Dinas PUPR dengan Dinas TPHPKP (Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Ketahanan Pangan) telah menciptakan pola tanam yang lebih bijaksana berdasarkan ketersediaan air irigasi,” tegasnya.

Baca Juga  200 Rumah di pasangi Internat Murah :   Kadiskominfotik Rohil Minta Iconplus Gesa Material

Diketahui, pada lomba GHIPPA tingkat kabupaten tahun 2023, GHIPPA Guyub Rukun Jaringan Irigasi Sadon terpilih menjadi juara pertama dengan inovasi pupuk cair yaitu Pupuk Kandang Plus serta Pupuk Organik Cair berbasis dari urin kelinci dan kambing.

Sementara untuk juara lomba GHIPPA tahun lalu, GHIPPA Tirto Manunggal Parang, bersiap untuk mengikuti kejuaraan GHIPPA tingkat Bakorwil.

Pos terkait