SMK Bina Bangsa Dampit Sambut Baik SPAB SRPB Jatim

  • Whatsapp

Tim SPAB SRPB Jawa Timur yang menjadi fasilitator

Beritatrends, Malang – SMK Bina Bangsa, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, menjadi sasaran pembentukan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) yang diadakan Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim dan BPBD Jatim.

Sekolah yang mempunyai sekitar 1.500 siswa ini memiliki kerawanan gempa bumi. Tim SPAB SRPB Jawa Timur yang menjadi fasilitator kali ini adalah Aslichatul Insiyah (Azelin) , Nurul Wachida (Chica) , dan Ervan Alif Pujiono (Erick).

Di hari pertama, kegiatan dimulai dengan agenda pembukaan, materi umum, dilanjutkan dengan sesi kelas untuk para stakeholder sekolah. Para murid kemudian menikmati sajian video di depan Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena).

Kepala SMK Bina Bangsa Siti Maimunah menyampaikan bahwa sekolah ini pernah terdampak gempa pada 2020 lalu, dengan beberapa kerusakan pada atap dan gentengnya. “Oleh karena itu, perlu adanya penguatan di beberapa titik. Saya menyambut baik program SPAB ini,” katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Arif Khamzah. Dia memberikan wawasan umum tentang bagaimana pelaksanaan SPAB di sekolah-sekolah yang rawan bencana.

Sedangkan di hari kedua diadakan simulasi dan materi pemadaman kebakaran dengan bimbingan Nurul Wachida. Para siswa pun senang mengikuti praktik pemadaman api dengan menggunakan alat pemadam api tradisional (APAT) dan alat pemadam api ringan (APAR).

Pos terkait