Tak Terima Hasil Seleksi Perangkat Desa, Warga Truneng Audiensi dengan DPRD Magetan

Warga Truneng Audiensi dengan DPRD Magetan

Beritatrends, Magetan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Magetan menerima audiensi dari warga Desa Truneng Sukomoro, di Ruang Banggar gedung dewan setempat, Senin (18/12/2023).

Audiensi ini merupakan buntut dari aksi unjuk rasa hasil ujian seleksi perangkat desa yang dilakukan minggu lalu.

Lebih dari satu jam hearing berlangsung guna mencari jalan keluar terkait rekrutmen yang dinilai janggal. Pasalnya, sejak awal hingga akhir pelaksanaan ujian, bahkan pihak ketiga sebagai pembuat soal diduga tak sesuai aturan.

Koordinator aksi Angga Gunarto menjelaskan, meski sebelumnya Camat Sukomoro telah membatalkan hasil tes dan menetapkan akan dilakukan ujian ulang, pihaknya terus menuntut dewan agar mengusut tuntas kasus ini.

“Kasus ini harus diteruskan siapa yang salah dan memiliki peran penting dalam kejanggalan ini,” ujarnya.

Ia juga menyebut, akan melaporkan ke pihak kepolisian demi mendapat titik terang dan sanksi hukum dari dugaan tindak kecurangan ini.

Ketua DPRD Magetan Sujatno merespon cepat aspirasi warga tersebut. Pihaknya berjanji akan mengawal penyelesaian kasus ini, apabila memang terbukti terjadi pelanggaran administratif.

“Kalau memang ada pelanggaran tentunya ada sanksi adminsitratif dan akan diterapkan, baik ringan, sedang, ataupun berat,” tegasnya.

Setelah ini, lanjut Sujatno, hasil audiensi akan disampaikan kepada Pj. Bupati untuk ditindaklanjuti.

“Tentunya akan kita sampaikan kepada Pj. Bupati, akan diadakan rapat sesuai dengan ketentuan yang ada, dan kita dorong unruk menindaklanjuti hasil audiensi,” terangnya.

Pos terkait