UMK P3K ASA Adakan Pelatihan Pembuatan Prodak Kerajinan Kulit Kelinci

UMK P3K ASA melaksanakan pelatihan kewirausahaan pembuatan Prodak Kerajinan  dan pembentukan  UMK P3K ASA di Rumah Diklat P3K ASA  Desa Bangsri.

Beritatrends, Magetan – Untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan kreativitas dari UKM di Kabupaten Magetan, UMK P3K ASA melaksanakan pelatihan kewirausahaan pembuatan Prodak Kerajinan  dan pembentukan  UMK P3K ASA di Rumah Diklat P3K ASA  Desa Bangsri.

Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto SH. M.Si saat menghadiri acara tersebut mengatakan, hari ini kita hadir menghadiri MoU antara Akademi Tehnik Kulit (ATK) dengan kelompok perajin dari kulit kelinci, Selasa (9/8/2022).

“Hari ini ada pelatihan, beberapa waktu lalu saya diskusi sama kelompok UMK P3K ASA dan saya dipameri hasilnya, ini sangat membanggakan, prodak ini akan mempunyai nilai tambah yang luar biasa, apabila dipoles dari sisi akademik,”ucapnya.

Ahlinya kan ATK, sudah terpilih oleh Kementerian Perindustrian, sudah lama bekerja sama dengan Pemkab Magetan, sekarang malah membuka dan membantu diploma satu di tehnik kulit Magetan. Digratiskan, dibiayai oleh kementerian, sudah dua angkatan.

“Diharapkan latihan selama 4 hari ini nanti akan memberi nilai tambah kepada peserta dan pesertanya banyak tidak hanya dari bangsri, tapi ada dari Takeran, Poncol, ini menunjukkan bahwa tempat ini nanti sebagai tempat latihan dan nanti pasarnya marketplis, itu bisa menggunakan media social,”pintanya.

Sekarang bisa jualan dari mana-mana, sehingga nantinya mensejahterahkan masyarakat yang dulunya kulit kelinci menjadi limbah, sekarang mempunyai nilai tambah, di Tanjungsari dulu ada peternakan kelinci, dulu pernah manjadi Daerah Jaya sekitar tahun 1982.

“Puncak kejayaan peternak kelinci tahun 1982 di Tanjungsari sekarang imau dilanjutkan kembali sehingga nantinya kalau ini berkembang, peternak kelinci hasil kulitnya bisa di gunakan sendiri untuk di jadikan prodak yang bernilai jual tinggi,”pungkas Suprawoto.

Ditempat yang sama Perwakilan Akademi Tehnik Kulit menjelaskan, palaksanaan disini adalah pengabdian kepada masyarakat jadi hasil hasil penelitia  dosen, hasil belajar di kampus di terapkan dimasyarakat dengan harapan nanti hasil-hasil tersebut nanti mempunyai impek yang bagus, meningkat perekonomian dan lain sebagainnya sehingga nanti bisa tumbuh ekonominya.

Nanti tentu ada support dari pengembangan di Kabupaten Magetan, selama ini sudah kita lakukan bersama dengan Kabupaten Magetan yaitu Pendidikan  stara dikoma satu, terus kegiatan pengabdian kepada masyarakat di desa sudah 4 tahun dari tahun 2019.

“Berkaitan dengan pembuatan prodak ada rompi dan topi yang berbasis kukit kelinci, kedepannya kita kembangkan bersama Pak Bupati berkaitan dengan bisnis planenya,”pungkasnya.

Pos terkait