UNPAB Bekerjasama Dengan BRI dan BTN Dalam Program Magang MBKM Kampus Merdeka

Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Pembangunan Panca Budi Medan di BRI Unit Sei Sikambing

Beritatrends, Medan – Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) melalui Rektor bidang akademik mengumumkan program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Program ini merupakan kebijakan nasional yang dicetuskan oleh Kemendikbudristek untuk dapat diimplementasikan oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Melalui Rektor bidang akademik UNPAB, mewajibkan seluruh mahasiswa semester 6 untuk tidak lagi belajar dikampus, melainkan aktif melakukan pembelajaran diluar kampus.

Mahasiswa sebelum memasuki semester 6 bisa memilih program apa yang akan diikuti baik MBKM Kemendikbud maupun MBKM internal yang difasilitasi oleh UNPAB.

Program MBKM UNPAB terdiri dari magang, Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT), Pertukaran Mahasiswa, Penelitian, Proyek Independen, Asistensi Mengajar & Satuan Pendidikan, Proyek Kemanusiaan serta Kewirausahaan.

Program ini dilaksanakan sesuai dengan kalender akademik UNPAB yaitu selama 16 kali pertemuan atau setara dengan 4 bulan.

UNPAB sebagai salah satu perguruan tinggi di Kota Medan berkomitmen untuk menyukseskan program tersebut dengan mengirimkan mahasiswanya ke seluruh program yang sudah disosialisasikan.

Salah satu mitra yang bekerja sama dengan UNPAB adalah Bank Tabungan Negara (BTN) & Bank Rakyat Indonesia (BRI). Dengan dosen pembimbing Meigia Nidya Sari, SE, M.Si, sebanyak empat orang mahasiswi fakultas sosial sains mengikuti program magang yang tiga diantaranya di BTN sedangkan satu lainnya di BRI.

Ke-empat mahasiswi program studi akuntansi tersebut menjadi angkatan pertama peserta magang MBKM internal yang diselenggarakan UNPAB dengan mitra BTN dan BRI.

BTN maupun BRI selaku mitra magang menerima ke-empat peserta magang tersebut serta mengapresiasi adanya kegiatan MBKM ini.

Kegiatan ini disepakati dimulai sejak tanggal 08 Mei 2023 sampai dengan September 2023. Mereka menilai hal ini dapat menjadi modal utama bagi ke dua mitra tersebut dalam melakukan sosialisasi perubahan dengan adanya ide segar dari para mahasiswi yang menjadi peserta magang.

Baca Juga  SMKN 2 Magetan Kelas 10 Terapkan Kurikulum Merdeka

Kedua mitra juga berharap, para peserta magang dapat mengikuti kegiatan ini sesuai dengan silabus yang telah disiapkan oleh pihaknya masing–masing dan para peserta magang agar memanfaatkan kegiatan ini dengan baik.

Mahasiswi yang mengikuti magang di BTN diantaranya adalahh Riska Afrillia di BTN KC MEDAN, Azzky Nurul Andini di BTN KCP JOHOR, dan Arsyita Azhari di BTN KCP HELVETIA. Sedangkan mahasiswi yang magang di BRI UNIT SEI SIKAMBING adalah Tarisa Putri Irwanti.

Pelaksanaan supervisi oleh dosen pembimbing dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2023, dosen pembimbing lapangan serta pembimbing mitra saling bertukar cerita untuk melihat bagaimana perkembangan dari program magang ini.

Risa selaku mentor BTN Kantor Cabang yang memaparkan, secara rinci laporan kegiatan peserta magang baik di kantor cabang maupun di kantor cabang pembantu lainnya.

Lanjut Risa, menilai bahwa pekerjaan dan kontibusi para peserta magang selama di BTN ini sangat membantu.

“Untuk lebih rinci berikut ini merupakan jobdesk yang telah dikerjakan oleh para peserta magang BTN,” paparnya.

Ditambakannya, peserta atas nama Riska Afrillia, melakukan proses pembuatan surat maupun memo yang akan ditujukan sesuai dengan kepentingan yang diinginkan serta melakukan transaksi pembayaran pajak melalui pelayanan secara online. Sedangkan peserta atas nama Azzky Nurul Andini melakukan rekonsiliasi ATM, berkontribusi dalam pelayanan nasabah serta melakukan studi lapangan secara langsung untuk melakukan marketing baik produk dana maupun funding. Selanjutnya peserta atas nama Arsyita Azhari yang aktif membantu Consumer Loan Service melaksanakan tugas validasi dan verifikasi legalitas dokumen kredit, input data nasabah di aplikasi kredit serta melakukan marketing seperti ke PT.Latexindo, PT.Prima, PT.Modern, dan lain sebagainya.

Sedangkan di BRI Unit Sei Sikambing, Innes memaparkan bahwa kinerja yang dilakukan peserta magang dapat diandalkan dan tanpa kendala.

Baca Juga  Pengabdian IKM berbasis Mapel Kimia dengan Tim MGMP Kimia SMA Kab. Sidoarjo

“Tarisa Putri Irwanti selaku peserta magang di BRI Unit Sei Sikambing melakukan tugas administrasi serta pengarsipan dokumen, melakukan update file secara online serta operasional file pembukaan rekening,”jelas Tarisa Putri Irwanti.

Di kesempatan supervisi tersebut, ke-empat mahasiswi peserta magang menilai bahwa melalui program ini, banyak sekali manfaat yang bisa di dapat seperti adanya peningkatan soft skill yang meliputi, team work, public speaking, analytical thingking hingga marketing. Serta peningkatan hard skill yang meliputi penggunaan Microsoft Office, aplikasi perbankan serta google tools hingga digital marketing.

Mendengar hal tersebut, dosen pembimbing lapangan mengapresiasi kinerja mahasiswi bimbingannya dan terus memotivasi untuk tetap meng-upgrade diri agar menjadi lulusan akuntansi yang memiliki kredibilitas yang tinggi.

“Selanjutnya di akhir supervisi, dosen pembimbing beserta pembimbing mitra serta mahasiswa melakukan foto bersama sebagai dokumentasi akan kerjasama yang baik ini,”pungkasnya.

Pos terkait