Warga Binaan Semangat Belajar, Karutan Magetan Optimis Program Kejar Paket Berjalan Maksimal

Beritatrends, Magetan – Program Kesetaraan Kejar Paket bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim telah dimulai pada hari ini, Senin (14/10/2024).

Sebanyak tiga puluh Warga Binaan yang memenuhi persyaratan mengikuti kegiatan belajar sesuai program kejar paket yang dipilih, yakni antara Kejar Paket B (setara SMP/MTs) dan Kejar Paket C (setara SMA/MA).

Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan bersama Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Satuan Pendidikan Nonformal (SPNF) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Magetan menghadirkan dua pengajar, sehingga kelas dibagi menjadi 2. Adalah Sri Winarsih, S.Pd., dan Suminah, S.Pd., dimana keduanya mengajar kelas Bahasa. Tampak Warga Binaan mengikuti kelas ini dengan antusias. 

Ditemui di sela – sela proses belajar WBP, Ari Rahmanto mengaku optimis program ini akan berjalan sukses.

Ia menekankan pentingnya partisipasi WBP dalam setiap proses belajar, mengingat akan ada ujian di akhir semester yang mirip dengan sistem sekolah pada umumnya. 

“Kami siap memfasilitasi sarana dan prasarana seperti buku bacaan, alat tulis, dan lainnya. Ini juga dapat menjadi barometer penilaian Rutan terhadap perilaku peserta Warga Binaan yang nantinya akan bermanfaat bagi mereka,” jelas Ari. Senin (14/10/2024)

Senada dengan Karutan, Dimas Alseta Putra, Kasubsi Pelayanan Tahanan, juga berkomitmen memberikan dukungan penuh kepada WBP yang mengikuti Program Kesetaraan.

“Kegiatan yang diadakan setiap Senin ini akan kami pantau dan kami siap mensukseskannya,” tegasnya. 

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB tersebut mirip dengan sistem sekolah pada umumnya, meskipun dengan pendekatan yang sedikit berbeda.

“Kami akui memang pembelajaran non formal seperti ini agak berbeda, namun kami sangat antusias mengajar teman-teman di Rutan Magetan,” tutur salah satu pengajar sesaat setelah sesi pembelajaran berakhir.

Baca Juga  2 Taruna Akpol Raih Penghargaan Internasional di Korea

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *