Upacara HBP Ke-59, Yasonna Inginkan Komitmen yang Tinggi dari Seluruh Jajaran
.

Beritatrends, Magetan – Terdapat momen penting yang yang tercatat dalam sejarah Indonesia pada Tanggal 27 April 1964, momen dimana konferensi jawatan kepenjaraan berupaya meruntuhkan berabad-abad pengaruh sistem kepenjaraan dan kemudian ditransformasikan menjadi sistem Pemasyarakatan. Sehingga pada tanggal tersebut setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP).
.
Pada Selasa (02/05/2023), jajaran Kementerian Hukum dan HAM menggelar Halal Bihalal Idul Fitri 1444 H yang dirangkaikan dengan Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59 bersama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Kegiatan tersebut berlangsung secara hybrid terpusatkan di Lapangan Upacara Kemenkumham dan direlay secara virtual.
.
Melalui Zoom Meeting, seluruh pejabat struktural beserta petugas di lingkungan Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim turut mengikuti kegiatan upacara tersebut dari Aula Rutan. Di tempat terpisah, Kepala Rutan Magetan Eries Sugianto juga mengikutinya bersama Para Pimti Jatim di Lapas Kelas 1 Malang.
.
Rangkaian Upacara Peringatan HBP Ke-59 diawali dengan pembacaan sejarah singkat lahirnya sistem pemasyarakatan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakan, Reynhard Silitonga, yang secara gamblang menyampaiakan tentang sejarah dan latar belakang lahirnya sistem pemasyarakatan yang saat ini diperingati sebagai Hari Bakti Pemasyarakatan.
.
Sementara Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly dalam sambutannya menggemakan Transformasi Pemasyarakatan Semakin PASTI BerAKHLAK, Indonesia Maju yang merupakan tema dalam peringatan HBP ke-59 Tahun 2023 ini. “Refleksikan kembali apa saja yang belum kita kerjakan, bagaimana konsep serta langkah-langkah perbaikan kedepannya, teguhkan komitmen dan konsistensi seluruh Insan Pemasyarakatan Kemenkumham dalam mewujudkan kebijakan yang telah saya tetapkan yakni Transformasi Pemasyarakatan yang semakin PASTI dan BerAKHLAK”, ujarnya.
.
Selain itu, Menkumham juga menyampaikan 3 pesan pada kepada jajarannya. “Pertama, segera fokus bekerja. Kedua, perkuat sinergi dan kolaborasi. Ketiga, Tingkatkan Kedisplinan. Sebagai abdi negara, ASN harus memiliki sikap disiplin yang tinggi sehingga akan optimal dalam melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan kepada masyarakat”, jelasnya.
.
Amanat ditutup dengan ajakan oleh Menkumham kepada seluruh jajarannya untuk semangat dan berkomitmen dalam mengabdi. “Saya mengajak seluruh Pegawai Kementerian Hukum dan HAM untuk mulai fokus bekerja, tetap semangat dan mari kita bangun komitmen bersama untuk memberikan pengabdian yang terbaik di Kementerian Hukum dan HAM RI sehingga menjadi institusi yang semakin dipercaya dan dicintai masyarakat”, pungkas Yasonna.

Baca Juga  Sat Lantas Polres Tulang Bawang Menjadi Pembina Upacara Bendera

 

Pos terkait