Bangun Desa Wisata, Gelar Festival Kembang Rawe

Festival Kembang Rawe Desa Krowe.

Beritatrends, Magetan – Dengan menempuh jarak sekitar 15 Km atau sekitar 10 Menit dari Magetan Kota, kita akan tiba di Desa Krowe, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan yang saat ini tengah mengelar acara Kembang Rawe atau Festival Krowe Tahun 2022.

Acara ini diisi dengan pagelaran wayang kulit, kontes kelinci tingkat nasional, pentas seni dan budaya, senam bersama, dan bazar UMKM lokal ini rencananya akan berlangsung mulai 7-9 Oktober 2022.

Sekretaris Desa Krowe, Marsono mengatakan, Festival ini merupakan salah satu upaya desa untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat pasca Pandemi COVID-19 dan membangun pemberdayaan SDM masyarakat khusunya para pemuda.

“Acara ini digagas oleh pemerintah desa, dan pemuda desa, kita juga menggandeng konsultan dari Jawa Tengah yang mengarahkan desa krowe untuk menjadi desa wisata,” terangnya.

Ia mengatakan, desa wisata di desa krowe ini tidak mengandalkan destinasi namun dilakukan dengan pemberdayaan dan menggali potensi yang ada.

“Kita tampilkan kesenian dari pemuda setempat, walaupun masih di bantu oleh warga luar desa dan kita tawarkan produk UMKM lokal,” kata Marsono.

Kebetulan juga ada pelatihan batik di desa yang melahirkan batik desa krowe yaitu batik Krawe, yang memiliki filosofi babat desa krowe yang dahulu wilayah tersebut terdapat tumbuhan rawe.

“Rencananya batik Krawe akan di launching saat penutupan festival kembang rawe,” tutupnya.

Pos terkait