BPSDMP Kominfo Surabaya Bentuk Tim Penggerak UMKM Magetan

Beritatrends, Magetan – Kementrian Kominfo melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kominfo Surabaya mengukuhkan 60 orang terbaik untuk menjadi Tim penggerak ekonomi kreatif di Kabupaten Magetan.

Kegiatan ini bertajuk penggerak ekosistem digital untuk membangun Smart UMKM menuju Smart Economy digelar di Pendopo Surya Graha Magetan, Rabu (7/12/2022) siang.

“Ada 60 orang terbaik yang kita jadikan penggerak ekonomi kreatif di Kabupaten Magetan yang kedepannya akan di integrasikan dengan Creative HUB Magetan sehingga ekonomi di Magetan bisa tumbuh,” kata Eka Handayani, Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya, Rabu (7/12).

Dijelaskannya, puluhan peserta pelatihan penggerak ekonomi kreatif tersebut telah diajarkan berbagai hal untuk mengembangkan produk UMKM mereka sehingga bisa menjadi lebih produktif.

Pelatihan 5-7 Desember, mereka diberikan materi pelatihan seperti pembuatan konten, foto maupun vidio. Cara branding produk dan cara memilih sosial media yang efektif, serta pengiklanannya dan lainya. Hingga produk itu digital marketing kan.

“Diharapkan agar ekonomi tumbuh, menurunkan tingkat pengganguran, dari ke 60 orang ini diharapkan bisa menggerakan ekonomi kreatif lain. Misalkan 1 orang bisa menginduksi teman-teman nya UMKM yang lain, kalau 1 bisa jadi 10, maka 60 bisa jadi 600,” jelas Eka.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Magetan Cahaya Wijaya mengatakan, tugas pemerintah daerah adalah memberikan fasilitasi dan jalur bagi pelaku UMKM kreatif.

Mereka akan didampingi oleh Pemkab Magetan melalui Dinas Kominfo Magetan dan OPD terkait, dan akan diintegrasikan dengan kreatif HUB yang ada di Magetan.

“Diskominfo Magetan bersinergi dengan OPD lain, bagaimana teman-teman UMKM yang telah mempunyai kemampuan digitalisasi ini, tidak hanya membuat produk tetapi juga bisa membentuk jaringan. Dunia ini luas, bukan tidak mungkin produk Magetan tidak mustahil bisa go internasional. Peran Pemkab adalah untuk terus mensuport mereka,” pungkasnya.

Baca Juga  SRPB Jatim Gelar Bimtek Srikandi Siaga Bencana

Pos terkait