Bupati Karo Hadiri Pagelaran Ethnic Expo Project SMK Negeri 1 Berastagi dan UMKM Pasar Malam Rakyat Karo Terang Festival 2022

Cory S Sebayang buka Ethnic Expo Project SMK Negeri 1 Berastagi

Beritatrends, Kabanjahe Tanah Karo – Bupati Karo Cory S Sebayang buka Ethnic Expo Project SMK Negeri 1 Berastagi bertema “Penguatan Profil Pelajar Pancasila” yang digelar di SMK Negeri, Jalan Jamin Ginting, Berastagi, Rabu (21/12/2022).

Bupati dalam sambutannya menyampaikan dirinya menyambut baik kegiatan tersebut serta berharap pada penyelenggaraan berikutnya panitia mempertajam konektivitas dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat.

“Kalau mau sederhana, Saya memberikan resep Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini lebih membumi sesuai konteks zaman dan kodrat alam Tanah Karo yang kita cintai, ingat saja CORI panduan 4 kompentensi penting abad ini yakni, Connecting, Optimazing, Regulating dan Improving,” lanjut bupati.


Menurutnya melalui 4 kompentensi tersebut Pemerintah Daerah, masyarakat maupun komunitas pendidikan akan mampu bertahan dan tetap “connect” dalam menyongsong “Kebangkitan Asia”.

“SMK Negeri 1 Berastagi harus tetap relevan sebagai pendidikan kejuruan yang mampu memasuki pasar tenaga kerja, pusat keunggulan daerah dan membekali anak didik kita dengan keterampilan hidup (Life Skill) dan mampu memiliki pasarnya sendiri,” lanjut bupati.

Turut hadir, Kepala Dinas Pendidikan Anderiasta Tarigan, M.Si, Kacabdis Pendidikan Kabanjahe, Drs. Yeddy Efendi Sipayung, Duta Beasiswa Indonesia-India, Mr. Ravi Makija, Kepala SMK Negeri 1 Berastagi, Paulus Pandiangan berserta tamu undangan lainnya.

Usai membuka acara bupati selanjutnya menghadiri UMKM Pasar Malam Rakyat Karo Terang Festival 2022 “Ekspo Rumah BUMN” yang dilaksanakan di halaman Kantor DPRD Karo, Jalan Veteran Kabanjahe.

Ketua Panitia, Amos Tarigan mengungkapkan Karo Terang Festival dimeriahkan dengan kegiatan lomba menghias rumah dan halaman dengan berbagai hiasan lampu dan pernak pernik Natal di sepanjang Jalan Jamin Ginting mulai dari lokasi Penatapen Perbatasan Kabupaten Karo dengan Deli Serdang sampai dengan Kabanjahe serta lomba postingan kegiatan Karo Terang Festival di media sosial.

Bupati menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini. “Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Karo sangat menyambut baik kegiatan ini yang menampilkan dan mempromosikan produk unggulan UMKM Karo dan dikolaborasikan dengan konsep Natal dan didukung oleh Rumah BUMN,” ujar bupati.

Bupati berharap melalui acara yang diisi ragam kegiatan seperti Expo UMKM, Kompetisi Paduan Suara, Lomba Memasak, Berbagi Kasih dan Hiburan Rakyat, dapat memberikan nilai positif dalam upaya mensejahterakan ekonomi khususnya masyarakat Karo.

“Saya yakin kegiatan Karo Terang Festival memberikan dampak positif dalam mendukung kepariwisataan Kabupaten Karo dan diharapkan kegiatan ini dapat mendorong dan menstimulan pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat kecil dan menengah serta dapat dilaksanakan secara berkelanjutan pada tahun-tahun mendatang,” tambah bupati.

Turut hadir, Anggota DPD RI, Dr. Badikenita Sitepu, Kapolres Tanah Karo AKBP. Ronny Nicolas Sidabutar, SH, SIK, MH, perwakilan Kementerian BUMN dan tamu undangan lainnya.

Pos terkait