Bupati Ponorogo Lantik Kepala Desa Terpilih

Bupati Ponorogo Kang Sugiri melantik Kades Paringan Suwendi

Beritatrends, Ponorogo, Bupati Ponorogo Kang Sugiri Sancoko melantik dan mengambil sumpah jabatan Kepala Desa terpilih dan Kepala Desa Antar Waktu tahun 2022 di pendopo agung, Rabu (21/12).

Sekitar dua puluh tiga Kades terpilih dan satu Kades antar waktu tersebut dilantik setelah mengikuti kompetisi Pemilihan Kepala Desa (Pilkada) serentak yang digelar pada 23 Desa dan 13 Kecamatan di wilayah Kabupaten Ponorogo pada tanggal 22 November 2022 kemarin.

“Berdasarkan ketentuan Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa beserta peraturan pelaksanaanya, kepala Desa berkewajiban menyusun peraturan desa tentang RPJM Desa untuk kurun waktu 6 (enam) tahun paling lambat 3 (tiga) bulan setelah dilantik dan dijabarkan dalam RKP Desa untuk tiap tahunnya. Berbagai tugas yang sudah menanti dan harus segera diselesaikan pada tahun anggaran tahun 2022. Antara lain melanjutkan pelaksanaan rencana kerja pemerintah desa tahun 2022, mengelola Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) secara transparan dan akuntabel, menyusun rancangan perubahan anggaran pendapatan dan belanja desa tahun 2022, menyusun rancangan rencana kerja pemerintah desa tahun 2023, dan menyusun rancangan anggaran pendapatan dan belanja desa tahun 2023, “kata Bupati Ponorogo Kang Sugiri Sancoko.

Kang Sugiri Sancoko menambahkan, kepala desa harus mampu mewujudkan tujuan tata kelola desa yang baik, yaitu mewujudkan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan desa, mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik, meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa, meningkatkan daya saing desa, menciptakan inovasi desa sesuai potensi desa untuk dipromosikan pada kegiatan bursa inovasi desa, mengelola potensi desa wisata, mengembangkan Sistem Informasi Desa (SID) berbasis web, dan mengelola siskeudes dan sipades.

“Untuk meningkatkan daya saing desa diperlukan semangat kebersamaan dalam mengembangkan inovasi terhadap potensi produk unggulan yang ada di desa, guna mencapai tujuan pemberdayaan desa yaitu terciptanya one village one product. Kepada para kepala desa yang baru dilantik dan seluruh yang hadir sekarang untuk saling bekerja sama membangun desa guna mewujudkan Ponorogo yang bergandeng erat bergerak cepat Ponorogo hebat, “imbuh Bupati Ponorogo.

Sementara itu, salah satu yang dilantik Suwendi yang terpilih kembakli menjadi Kades Paringan Kecamatan Jenangan, mengatakan pihaknya akan terus mewujudkan pemerataan pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan mengali potensi yang ada desa.

“Meningkatkan pelayanan, meningkatan ekonomi serta kemajuan Desa Paringan. Selain itu, terima kasih kepada seluruh masyarakat Paringan yang kembali memberikan amanat, kepercayaan dan tanggungjawab memimpin Desa Paringan. Kedepan kita akan terus melanjutkan progam-progam yang kemarin belum terselesaikan, bersama-sama dengan seluruh elemen dan masyarakat demi kemajuan Desa Paringan, “pungkasnya.

Pos terkait