Desa Sidorejo Magetan Memiliki Berbagai Macam Potensi Alam Yang Melimpah Luas

Desa Sidorejo Merupakan Desa Pertanaian dan Home Industri

Beritatrends, Magetan – Desa Sidorejo merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur.

Desa Sidorejo ini berjarak sekitar 6 kilometer dari Kabupaten Magetan, 0 kilometer dari Kecamatan Sidorejo, dan 195 kilometer dari Provinsi Jawa Jimur.

Luas wilayah keseluruhan di Desa Sidorejo sekitar 257.85 ha.

Dengan pembagian lahan pemukiman 60 ha, lahan pertanian 181 ha, dan kas desa sebanyak 16 ha.

Desa Sidorejo di sisi Barat berbatasan langsung dengan Desa Pacalan, sebelah Timur Desa Kalang, sebelah Selatan Desa Durenan, dan sebelah Utara berbatasan langsung dengan Fesa Sidomulyo.

Desa Sidorejo terdiri dari 4 Dukuh, yakni Dukuh Kwarigan, Dukuh Slagreng, Dukuh Sampung, dan Dukuh Kopek.

Di Desa Sidorejo memiliki 4 Rw dan 24 Rt dengan lahan sebesar 10.585 ha

Salah satu Sesepuh Desa Sidorejo Suwarno menjelaskan menurut sejarah, Desa Sidorejo terbentuk dari hasil penggabungan 4 Desa, yakni Desa Kwarigan, Desa Slagreng, Desa Sampung, dan Desa Kopek.

Sidorejo merupakan salah satu desa yang mana penduduknya saling mendukung dan saling bekerjasama untuk membangun desa yang kreatif serta madiri.

“Desa Sidorejo, dihuni sekitar 4.529 jiwa, dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 1.217 KK, keluarga pra sejahtera sebanyak 50 KK, keluarga sejahtera 1.107 KK, keluarga sejahtera III plus sebanyak 1.137 KK,”terang Suwarno.

Dengan rincian laki – laki sebanyak 2.277 jiwa, perempuan 2.252 jiwa, dengan usia 0 hingga 17 sebanyak 1.148 jiwa, 18 hingga 55 2.541 jiwa dan usia di atas 55 tahun sebanyak 815 jiwa.

Di Desa Sidorejo memiliki berbagai macam potensi alam yang melimpah luas.

“Dengan tanah yang subur dan sumber mata air yang luas, menjadikan Desa Sidorejo mampu bersaing dengan desa – desa yang lainnya,”jelasnya.

Sayur, buah, dan peternakan berkembang luas di Desa Sidorejo ini.

Tak hanya itu, produk kerajinan pun melimpah luas di Desa Sidorejo.

“Mulai kerajinan anyaman, tusuk sate, pengrajin kulit, pengelolaan tempe dan tahu sangat marak di Desa Sidorejo,”paparnya.

Dibawah kepemimpinan penguasa desa mampu menjadikan Desa Sidorejo yang asri dan berkembang luas.

Kepala Desa Pulung Larson Fitroh Sahara sebagai pemimpin di Desa Sidorejo tetap mengkondisikan aparatur desa untuk meningkatkan pelayanan penuh kepada masyarakat yang di instruksikan di setiap apel pagi.

Mempersiapkan administrasi dan dokumen penting menjadi rutinitas aparatur desa guna meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Desa sidorejo didominasi oleh lahan pertanian, mayoritas penduduk Desa Sidorejo menggantungkan perekonomian sebagai petani dan pedagang, tidak jarang pula yang menjadi peternak ayam dan sapi,”terang Pulung.

Sarana dan prasarana umum juga tersedia di Desa Sidorejo.

Puskesmas, Posyandu, Masjid dan Mushola juga tersedia di Desa Sidorejo ini.

“Dengan mata pencaharian sebagai petani, Karyawan PNS sebanyak 140 orang, TNI/Polri 3 orang dan wiraswasta / pedagang sebanyak 89 orang,”papar Pulung.

Sidorejo juga memiliki BumDes dengan kepengurusan 9 orang dengan 1 jenis kegiatan.

Tak hanya itu saja, TP PKK di Desa Sidorejo yang berjumlah 3 kepengurusan dan jumlah lingkup 10 jenis kegiatan juga ikut mengembangkan Desa Sidorejo menjadi desa yang mandiri,”pungkas Pulung.

Pos terkait