Dinkes Lakukan Penyuluhan Stunting Bersama Satgas TMMD 118 Magetan

Satgas TMMD 118 Kodim 0804/Magetan Bersama Dinkes Lakukan Penyuluhan Stunting

Beritatrends, Magetan – Target penurunan prevalensi stunting, di Kabupaten Magetan, Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 Kodim 118 Kodim 0804/Magetan bekerjasama sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan melakukan penyuluhan stunting bagi Masyarakat Desa Plangkrongan, Senin (09/10/23).

Dengan kegiatan sosialisasi penyuluhan penanganan serta pencegahan stunting yang digelar ini diharapkan dapat membantu upaya dari pemerintah dalam mencegah terjadinya kasus stunting khususnya di Kabupaten Magetan Jatim .

Danton Menkav 2 Mar selaku DAN SSK TMMD ke-118 Letda Mar Slamet Sigit Widodo mengungkapkan dalam TMMD ke-118 Kodim 0804/Magetan, ini selain kegiatan pembangunan fisik yaitu membangun jalan sepanjang 2.602 meter, juga melakukan kegiatan non fisik yaitu penyuluhan. Salah satunya penyuluhan dari Dinas Kesehatan yaitu penyuluhan tentang stunting.

Dan SSK juga mengungkapkan bahwa TMMD ke-118 Kodim 0804/Magetan pekerjaan fisik Rabat Jalan 2.602 meter, Rehab rehap Masjid Al Fatah RT 028/RW 003 Dusun Keron, Rehap Musholla Roudhotul Jannah di RT 021/RW 003 Dusun Keron, Pembangunan Saluran Air di Dusun Beji dan Keron, P. 825 m x T. 40 cm, Sisa waktu sebelum pelaksanaan TMMD ditutup, tidak disia-siakan oleh anggota Satgas untuk terus mendekatkan diri dengan masyarakat setempat, terlebih saat waktu istirahat, di sela-sela pekerjaan.

Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi yang dilakukan ini mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Desa Plangkrongan, hal tersebut terbukti dengan antusiasnya masyarakat yang hadir untuk mengikuti sosialisasi yang kita lakukan.

Ia juga berharap masyarakat Desa Plangkrongan mengerti apa itu stunting, serta materi terkait sarana air bersih yang diberikan oleh Dinas Kesehatan.

Sementara itu Staf Dinas PPKBPP dan PA Kab. Magetan dinas kesehatan Kabupaten Magetan Nanik Lestari, A.Md, Keb mengatakan TMMD ke-118 Kodim 0804.Magetan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan yaitu dengan melakukan penyuluhan tentang stunting.

Baca Juga  Pemdes Jambangan Fokus Terhadap Penanganan Covid-19

Sesuai data bulan September 2023 dinas kesehatan, Nanik menerangkan bahwa untuk Distrik Desa Plangkrongan Kecamatan Poncol secara keseluruhan 37 kasus stunting dan untuk Desa Plangkrongan terdapat 5 kasus stunting sehingga dengan ditemukan kasus ini menjadi salah satu sasaran pelayanan Dinas Kesehatan.

Dalam penanganan stunting, Dinas Kesehatan telah melakukan penanganan di 20 Distrik dengan memberikan asupan gizi sesuai dengan indikasi-indikasi yang ada dan untuk target penurunan stunting secara nasional yaitu 14%.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa Plangkrongan agar melakukan pencegahan stunting dengan tiga cara yaitu dengan pola makan yang baik, pola asuh dan lingkungan yaitu sumber air bersih.

Dalam melakukan penyuluhan terkait stunting, Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan lakukan penyuluhan kesehatan lingkungan yaitu penggunaan jamban dan air bersih.

Pos terkait