DPRD Magetan Soroti Serapan Anggaran Masih Minim

Ketua DPRD Magetan Soroti Serapan Anggaran Masih Minim.

Beritatrends, Magetan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magetan, Jawa Timur, menyoroti realisasi serapan anggaran pemerintah kabupaten Magetan hingga memasuki Bulan Juni 2022 atau memasuki semester dua yang masih sangat minim.

“Serapan APBD Kabupaten Magetan saat ini hanya mencapai kisaran 30 persen dari besaran APBD sebesar lebih dari Rp 1,7 triliun,” kata Ketua DPRD Magetan, Sujatno, Rabu (6/7/2022).

Ia menilai, dengan lambannya serapan akan menghambat kesejahteraan yang bisa dinikmati oleh masyarakat dari kegiatan pembangunan yang belum maksimal dilaksanakan.

Selain itu, kata politisi PDI Perjuangan ini, berdasarkan rapat Badan Anggaran (Banggar) dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dari BPKAD dari laporan serapan hingga Juni masih 30 persen.

Oleh karena itu, DPRD setempat meminta pemerintah agar menggenjot realisasi penggunaan dana tersebut untuk kepentingan masyarakat sesuai hasil reses atau penjaringan aspirasi yang dilakukan masing-masing legislator.

“Saat ini kami masih melakukan upaya koordinasi dengan lembaga eksekutif untuk melakukan percepatan serapan anggaran. Menurutnya memasuki bulan Juni minimal serapan anggaran setidaknya telah mencapai 50 persen,” ucap Sujatno.

Ia juga mempertanyakan berapa serapan berapa yang belum terealisasi, tahapan itu harus segera dilaksanakan sehingga kegiatan pembangunan bisa segera dirasakan masyarakat.

“Masih minimnya serapan APBD di Kabupaten Magetan menjadi catatan DPRD Kabupaten Magetan untuk melakukan monitoring dengan menghimbau kepada SKPD untuk melakukan koreksi terhadap permasalahan yang menghambat percepatan serapan anggaran,” tegas Sujatno.

Pos terkait