Gubernur Khofifah Serahkan SK Perhutanan Sosial di Wana Wisata Pacet Mojokerto

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berikan sambutan pada acara penyerahan SK Kehutanan Sosial di Wusata air panas Padusan Pacet-Mojokerto

Beritatrends, Mojokerto – Gubernur Jatim menyerahkan Surat Keputusan Perhutanan Sosial (SKPS) kepada kelompok masyarakat di Kabupaten Mojokerto.Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyerakan SK Kehutanan Sosial di Wana Wisata Air Panas, Padusan Kecamatan Pacet ,Kabupaten Mojokerto,Senin(21/02/2022).

Penyerahan SKPS oleh Gubernur Khofifah kepada perwakilan kelompok masyarakat di Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Pesona Alam Wana Wisata Desa Padusan, Kecamatan Pacet.

“Masing-masing yang sudah menerima SKPS mohon bisa segera untuk diberdayakan, apa yang dimungkinkan, apa sektor wisatanya, apa perkebunannya, apa pertaniannya,” pesan Khofifah.

Gubernur Khofifah menyampaikan, capaian perhutanan sosial Jawa Timur tercatat yang tertinggi se Jawa, sehingga mendapat apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Alhamdulillah capaian perhutanan sosial di Jawa Timur ini tertinggi maka,  di bulan Desember lalu Pemprov Jawa Timur mendapatkan apresiasi dari Kementerian klhk sekarang ini yang sudah ber SK Perhutanan sosial 68% di antara provinsi se-Jawa, jadi 68% nya itu ada di Jawa Timur,” ungkapnya.

Lebih lanjut Gubernur Khofifah menegaskan, ada persyaratan bagi penerima SK perhutanan sosial 50% harus dalam bentuk perkayuan, 50% boleh tanam jagung, boleh sayur, boleh kopi, dan seterusnya.

Mantan Menteri Sosial RI ini memaparkan, kenapa dalam kunjungan kali ini selain menyerahkan SK perhutanan sosial, dari Pemprov mengajak banyak kepala dinas, dinas perkebunan,Dinas Pertanian,Dinas Budpar, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ,kemudian karo perekonomian, lalu Dinas lingkungan Hidup.Nah tentu komandannya Dinas Kehutanan.

Gubernur Khofifah sesi foto bareng penerima SK,didampingi Bupati Mojokerto Ikfina Fatmawati dan Wabup Muhammad Albarra

“Ini supaya nyekrup, kalau ada Budpar kalau lihat air hangat, terus pikiranya bagaimana ini menjadi aset wisata,” paparnya.

Baca Juga  Rapat Paripurna Fraksi-Fraksi DPRD Kota Blitar Menyampaikan Pendapat Akhir LKPJ Wali Kota Tahun 2023

Masih kata Gubernur Khofifah, tapi kan tidak seperti itu, penguatan yang lain perkebunannya bagaimana, aspek lingkungan hidupnya bagaimana, sektor kalau ada area yang sesuai dengan tanaman sayur, padi pertaniannya bagaimana.?

Khofifah menjelaskan, di Indonesia ini ada dua area yang masuk kategori Integrated area Development, satu ada di Lumajang Senduro satu ada di Babel. Ini akan bisa menjadi percontohan, bagaimana integrated area development ini kalau menurut Khofifah hal tersebut sedang memungkinkan untuk bisa diinisiasi menjadi bagian dari integrated area development.

“Kalau kita mau katakanlah study banding,enggak usah jauh-jauh lihat saja di Senduro Lumajang yang sudah mendapatkan SK sebagai integrated area development,” jelasnya.

Sehinga menurut Gubernur Khofifah hal tersebut bisa menjadi nilai tambah dari pengintegrasian seluruh Potensi alam dan SDM nya itu nyekrup.

Pos terkait