Hadiri Silaturahmi Perguruan Pencak Silat se-Magetan, Ini Pesan Bupati

Silaturahmi Perguruan Pencak Silat se-Magetan, Ini Pesan Bupati

Beritatrends, Magetan – Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1444 H / 2023 M, perguruan pencak silat se-Kabupaten Magetan menggelar silaturahmi dan halal bihalal, bertempat di aula SMAN 2 Magetan, Minggu (30/4/2024).

Acara diikuti oleh seluruh perguruan yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Magetan, seperti Merpati Putih, perwakilan PSHT, PSHW, Ki Ageng Pandan Alas, Persinas ASAD, IKSPI Kera Sakti, Cempaka Putih, Tapak Suci, dan masih banyak lagi.

Bupati Magetan, Suprawoto, yang hadir dalam acara tersebut berpesan agar kehadiran perguruan pencak silat di Magetan dapat terus memberikan kontribusi dalam menjaga kantibmas.

“Bertengkar antar perguruan tentu tidak ada manfaatnya sama sekali. Oleh sebab itu kehadiran perguruan harus memberi kontribusi dalam menjaga kedamaian, ketentraman, dan memunculkan banyak prestasi,” pesannya.

Tak lupa, apresiasi juga diberikan Bupati atas kontribusi dari berbagai pihak, salah satunya perguruan pencak silat dalam menjaga kerukunan, hingga menjadi salah satu Kabupaten yang terendah dalam terjadinya konflik.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta menjaga kondusifitas di Magetan. Inilah pentingnya silaturahmi karena saya yakin seyakin-yakinnya perguruan selalu mengajarkan kebaikan,” kata Bupati.

Lebih lanjut, Bupati menuturkan, meski berbeda-beda bendera perguruan, akan tetapi pada hakikatnya warisan budaya Indonesia berupa pencak silat ini harus terus dilestarikan.

Pihaknya berharap ke depan, perguruan pencak silat selalu mendapat sarana untuk mengaplikasian hasil latihannya.

Menurutnya, adanya wadah untuk mereka unjuk gigi di depan publik dapat menunjukkan eksistensi para perguruan sekaligus transformasi nilai.

“Selain mewadahi acara perlombaan, saya pernah menggagas setiap malam minggu ada kesenian yang tampil di area pasar baru dapat melibatkan perguruan pencak silat secara bergilir. Kan asik semua dapat tampil mengaktualisasi hasil latihannya sekaligus transformasi nilai,” harap Bupati.

Baca Juga  Trail Jelajah Alam Lampung Utara Dalam Rangka Memperingati HUT TNI ke 78 Tahun 2023

Pos terkait