HUT Ke-40, Perumdam Lawu Tirta Magetan Berkomitmen Terus Tumbuh dan Makin Tangguh

Upacara Peringatan HUT Ke-40 Perumdam Lawu Tirta Magetan

Beritatrends, Magetan – Genap 40 tahun sudah Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Lawu Tirta Kabupaten Magetan telah memberikan pelayanan air bersih pada lebih dari 70 ribu pelanggan di Kabupaten Magetan.

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Perumdam Lawu Tirta kali ini, dirayakan dengan sederhana melalui upacara yang digelar di area parkir kantor setempat, Jumat (5/5/2023) pagi, sekaligus pemberian ratusan paket bantuan bagi warga sekitar wilayah sumber mata air, sumur pompa, dan beberapa Panti Asuhan atau Pondok Pesantren di wilayah Magetan.

Bupati Magetan Suprawoto, sekaligus selaku Kuasa Pemilik Modal (KPM) Perumdam Lawu Tirta Magetan, yang dalam hal ini hadir sebagai inspektur upacara mengingatkan, bahwa peringatan HUT ini harus dimaknai sebagai pengingat sejauh mana usia tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat Magetan.

Bupati berpesan, agar perusahaan plat merah ini terus meningkatkan pelayanan dan dapat mengembangkan inovasi agar cakupan kinerja juga semakin meluas.

“Tugas utama Perumdam adalah pelayanan. Kami meminta agar seluruh jajaran bekerja keras sehingga target di tahun ini dapat tercapai. Peringatan ini merupakan momentum untuk bekerja lebih baik lagi. Selain itu Perumdam juga diharap bisa mengembangkan usaha di bidang lain yang masih ada hubungannya dengan air supaya ada peningkatan,” kata Bupati.

Tak hanya itu, Bupati juga menilai Perumdam Lawu Tirta berprestasi lantaran masih menggunakan tarif paling rendah yakni Rp 1.300/m3, dari yang seharusnya ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi senilai Rp 3.300/m3.

Ia menekankan, tak akan menaikkan tarif pada pelanggan mengingat ekonomi masyarakat saat ini masih dalam kondisi sulit.

“Belum ada kenaikan, sejak awal saya sudah menyampaikan dengan kondisi ekonomi seperti ini kurang tepat, nanti akan menimbulkan inflasi dan kesusahan masyarakat. Dengan harga seperti itu masih surplus dan saya siap menanggung resiko ketika ditegur BPK karena saya melindungi rakyat, bukan sekedar mencari laba untuk mendapatkan PAD,” tegasnya.

Baca Juga  Apel Gelar Pasukan Pengamanan Nataru tahun 2020/2021 Magetan

Sementara itu, Direktur utama (Dirut) Perumdam Lawu Tirta Magetan, Moh. Choirul Anam mengatakan, pada momentum ini pihaknya berkomitmen sebagaimana tema yang diusung pada peringatan HUT Ke-40 Perumdam Lawu Tirta, yakni “Terus Tumbuh dan Semakin Tangguh”.

“Alhamdulillah kinerja kita semakin meningkat, baik dalam cakupan pelayanan, pengembangan investasi, dan infrastruktur. Kita harapkan disaat tantangan dan tuntutan pelayanan yang makin kompleks, kita juga harus semakin tangguh untuk memberikan pelayanan pada masyarakat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk target tahun ini, Perumdam Lawu Tirta ingin semakin meningkatkan mutu pelayanan dan pengembangan jaringan pelayanan.

“Untuk wilayah-wilayah yang semula belum dilayanin oleh Perumda Lawu Tirta akan kita ekspansi ke dalam 3 program untuk 3 sukses, yaitu intensifikasi (mengoptimalkan potensi sumber daya), ekstensifikasi (pengembangan pasar di wilayah Takeran dan Kartoharjo), dan diversifikasi (membuat rancangan bisnis di luar non perpipaan yakni pengembangan bisnis air minum),” papar Dirut Perumdam Lawu Tirta Magetan.

Pos terkait