Jalan Tembus Sarangan-Cemoro Sewu Tertimbun Longsor, Pengendara Diminta Waspada

Beritatrends, Magetan – Jalan tembus Sarangan-Cemoro Sewu Magetan, Jawa Timur, tertimbun tanah longsor, Sabtu (20/04/2024) pagi.

Tepatnya di tikungan sebelum kawasan Mbah Joe Resort Sarangan, Kecamatan Plaosan, sekitar pukul 05.00 WIB material menutupi hingga 3/4 jalan utama.

Kapolsek Plaosan, AKP Joko Yuwono mengatakan, tanah longsor ini terjadi akibat hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Plaosan semalam.

Tanah labil di atas tikungan pun diduga menjadi penyebab utama longsoran ini. “Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” ujarnya.

Petugas kepolisian bersama BPBD dan relawan dengan sigap turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi material longsoran.

Batu besar yang menutupi ruas jalan dan perlu menunggu datangnya alat berat, membuat pihak kepolisian setempat memberlakukan sistem buka tutup arus lalu lintas.

Hujan deras dan letak geografis yang berada di dataran tinggi menjadikan Kecamatan Plaosan rawan terjadi erosi ataupun tanah longsor. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan berhati-hati saat melintas di daerah tersebut.

Pengendara yang melintas juga diminta untuk selalu waspada terhadap potensi bencana alam. Jika melihat tanda-tanda tanah longsor, seperti retakan tanah atau pergerakan tanah, segera laporkan kepada pihak berwenang.

“Dengan kewaspadaan dan langkah-langkah pencegahan yang tepat, kita dapat meminimalisir risiko terjadinya bencana alam seperti tanah longsor,” kata AKP Joko.

Baca Juga  Ratusan Liter Miras dan Knalpot Brong Dimusnahkan Polres Magetan

Pos terkait