Kawal Hak Konstitusi Warga Binaan, KPU Magetan Beri Sosialisasi Pemilu 2024

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terkait pentingnya hak suara serta keterlibatan aktif dalam proses demokrasi. Pagi ini (27/12/2023) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan menggelar sosialisasi Tahapan Pemilu 2024 di Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim. Kegiatan sosialisasi kali ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait pentingnya peran WBP dalam proses demokrasi.

Dalam kesempatannya, Ketua KPU Fahrudin yang juga didampingi oleh Komisaris KPU dan jajarannya menyampaikan bahwa tanggal 14 Februari 2024 nanti merupakan hajat dari seluruh warga negara Indonesia. “Untuk itu marilah kita bersama sama mensukseskan pesta demokrasi tersebut dengan pemilu yang aman dan damai. Hak dari setiap warga negara Indonesia harus dipenuhi hak suaranya, termasuk Warga binaan pemasyarakatan,” Jelas Ketua KPU.

Selaras dengan himbauan ketua KPU Kabupaten Magetan, Eries Sugianto, selaku Karutan Magetan menyampaikan bahwa terkait dengan pendataan pemilih di Rutan Magetan setiap saat mengalami hasil yang fluktuatif, baik dikarenakan adanya tahanan masuk ataupun WBP yang habis masa pidananya dan dinyatakan bebas sebelum 14 Februari tahun depan.

“Mengenai hak pilih dan data pemilih, Rutan Magetan telah bekerjasama dengan dispendukcapil kabupaten Magetan yang senantiasa mengantisipasi hal tersebut. Dimana dispendukcapil sudah sering sekali mengunjungi Rutan guna memperbarui data pemilih. Jadi jangan khawatir,” Pungkas Karutan.

Kemudian, kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan dengan penyampaian materi oleh petugas KPU kepada WBP mengenai syarat dimasukkannya WNI kedalam pemilih, macam-macam jenis pemilih, tata ruang lokasi TPS, hingga tata cara mencoblos nantinya. Kegiatan berjalan lancar dan aman dimana WBP Rutan Magetan mengikuti seluruh rangkaian dengan tertib.

Pos terkait