Kemensos RI Salurkan Bantuan Air Bersih Terdampak Kekeringan di Sampang

Beritatrends , Sampang – Dampak kekeringan yang terjadi akibat musim kemarau panjang di Kabupaten Sampang Madura mengakibatkan krisis air bersih untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari warga.

Kementerian Sosial RI melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam bersama Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Sampang telah menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat terdampak di beberapa kecamatan di Kabupaten Sampang mulai di salurkan ke Desa Ragung Kecamatan Pangarengan, Sabtu (5/10/2024)

Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam melalui Pekerja Sosial Abdul Halim menuturkan bahwa bantuan air bersih dan tandon air kepada korban terdampak kekeringan di Sampang sebagai bentuk respon atas permohonan dari Dinas Sosial PPPA Kabupaten Sampang.

“Atas dasar permohonan itu kami langsung berkoordinasi dengan Dinas Sosial PPPA Kabupaten Sampang dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang untuk melakukan pemetaan lokasi prioritas penyaluran dan mengecek kesiapan mobil tanki air,” ujarnya.

Bantuan air bersih Kementerian Sosial RI sudah disalurkan di beerapa lokasi terdampak diantaranya di Desa Ragung (kecamatan Pangarengan), Desa Taman Sareh (Kecamatan Sampang) Desa baoporo Timur, Desa Pasarenan, Desa Gunung Eleh, Desa Komis (Kecamatan Kedungdung).

“Kami berharap bantuan air bersih bermanfaat dan bisa meringankan beban ekonomi masyarakat terdampak” harapnya.

Bantuan air bersih Kemensos RI tersebut, dirasakan langsung manfaatnya oleh Rosidi (42) warga Desa Batoporo Timur. Dirinya mewakili warga setempat menyampaikan terima kasih kepada Kemensos RI dan pihak terkait yang telah memberikan bantuan air bersih ke Desanya.

“ Atas nama warga Desa Batoporo Timur kami menyampaik terima kasih kepada Kemensos RI dan pihak terkait yang telah membatu air bersih di tempat kami, dan kami berharap banuan ini berkelanjutan krn sangat dibutuhkan oleh warga” Harapnya.

Baca Juga  Bagikan Paket Sembako, Daging Qurban Kepada Masyarakat dan Insan Pers

Menurut rencana Kemensos RI akan melakukan penyaluran air bersih termasuk menyiapkan beberapa tandon air bagi desa yang membutuhkan di 7 Kecamatan sesuai prioritas dari hasil pemetaan bersama Dinas Sosial PPPA Kabupaten Sampang dan BPBD Kabupaten yang dalam pelaksanaannya dibantu dari usur relawan dan pilar sosial seperti Tagana, KSB Trunojoyo, Pelopor Perdamaian, Karang taruna dan TKSK.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *