KPU Magetan Mulai Sortir Lipat Ratusan Ribu Surat Suara Pemilu, Libatkan 146 Pekerja

 

Beritatrends, Magetan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan Jawa Timur mulai melakukan sortir dan lipat surat suara Pemilu 2024 di Gudang penyimpanan KPU, Desa Baron, Magetan, Selasa (9/1/2024). Sebanyak 146 pekerja dilibatkan dalam proses tersebut.

Ketua KPU Magetan Fahrudin mengatakan, pekerja akan melakukan sortir lipat sebanyak 550.489 surat suara pemilihan calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

“Kegiatan ini untuk menyortir bagaimana kondisi surat suara sesuai kategorinya, apakah baik atau rusak. Untuk surat suara yang baik langsung dilipat,” ungkapnya.

Fahrudin menjelaskan, para pekerja tersebut direkrut dari masyarakat sekitar gudang. Selain itu juga pendaftar mandiri yang telah berpengalaman pada Pemilu sebelumnya.

Ia menambahkan, mereka bekerja mulai jam 08.00-16.00 dan ditarget rampung selama dua hari. Untuk honornya, sebesar Rp 275 per lembar surat suara.

“Pengawas kami akan mengawasi ketika pekerja melaksanakan tugas. Ketika keluar masuk akan diberikan izin dan dilakukan pengecekan,” jelas Fahrudin.

Sementara untuk surat suara pemilihan calon presiden (capres) dan calon legislatif (caleg), pihak KPU menyebut masih dalam proses tunggu kedatangan. Surat suara dijadwalkan akan tiba di gudang penyimpanan pada tanggal 11-13 Januari mendatang.

Baca Juga  KPU Magetan Tentukan Titik Lokasi Pemasangan APK

Pos terkait