Kwartir Ranting Kawedanan Bekali Pembina Pramuka Melalui KMD

Pembina Pramuka Melalui KMD

Beritatrends, Magetan – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Kawedanan memberikan pembekalan kepada para Pembina Pramuka melalui Kursus Mahir Dasar (KMD).

Dalam kegiatan tersebut, para pembina akan dibekali pendidikan dan pelatihan terkait kepramukaan, baik dari segi materi pengetahuan di kelas hingga praktek di lapangan.

Menurut keterangan Sugeng, Ketua Kwarran Kawedanan, menyatakan bahwa sebanyak 110 pembina hadir untuk mengikuti kegiatan KMD. Mereka merupakan anggota Kwarran Kawedanan dari tingkat SD dan SMP.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 7 hari, terhitung mulai dari Senin (30/1/2023) hingga Minggu (5/2/2023) bertempat di SMPN 3 Kawedanan.

“Untuk pelaksanaannya setelah para pembina mengajar. Jadi kegiatan baru dimulai sekitar jam 13.00-18.00. Karena kegiatan pramuka merupakan salah satu implementasi dari P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), maka sudah sepantasnya untuk semua pembina mengikuti KMD,” terang Sugeng.

Dengan adanya kegiatan ini, ia berharap agar kedepan para pembina dapat menguasai materi kepramukaan sebagai bekal dalam membina anak didiknya.

“Harapannya kedepan semua pembina dapat menguasai materi dari KMD ini, minimal untuk membina anak didik utamanya di kepramukaan, karena telah memiliki pengetahuan baik di kelas maupun pengetahuan di lapangan. Karena materi kepramukaan itu 1/3 teori, 2/3 praktek, baik dari segi kegiatan agama, dsb, sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka,” jelas Sugeng.

Kegiatan KMD Kwarran Kawedanan dibuka secara langsung oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Magetan, Titik Sudarti, dengan ditandai penyematan tanda anggota, Senin (30/1/2023).

Mengusung slogan ‘Dengan KMD Mencetak Pramuka Yang Mengabdi Tanpa Batas’, ia berharap agar dapat memunculkan para pembina pramuka yang berkompeten.

“Mudah-mudahan setelah adanya KMD benar-benar dapat memunculkan pembina handal dari Kwarran Kawedanan, sehingga dapat menjadi idola adik-adik karena berkualitas dan berprestasi,” ujar Titik.

Setelah dinyatakan lulus dari KMD, nantinya seorang pembina pramuka akan melanjutkan untuk mengikuti Kursus Mahir Lanjutan (KML).

Pos terkait