Polda Jatim Gandeng Stikosa-AWS : Pelatihan Content Creator bagi Humas Polres

Pelatihan Content Creator bagi Humas Polres

Beritatrends, Surabaya-Sebanyak 80 personel polisi di wilayah Polda Jatim dari berbagai polres mengikuti pelatihan content creator, selama dua hari, 30 & 31 Januari 2023 di Swiss Belinn Hotel, Jalan Tunjungan Surabaya.

Kapolda Jatim Irjen Pol. Dr. Toni Harmanto mengapresiasi pelatihan ini. Kapolda juga mengingatkan betapa pentingnya seluruh humas di polres berkomunikasi dengan media.

“Ini penting karena akan menjadi bentuk komunikasi antara polisi dengan masyarakat melalui media. Di era digital, polisi juga harus bisa memanfaatkan teknologi ini untuk membangun komunikasi dengan masyarakat,” kata Toni Harmanto saat membuka pelatihan.

Irjen Toni Hermanto mengatakan, melalui pelatihan tersebut, polisi diharapkan bisa mengambil ilmu dan praktiknya untuk membuat video. Dengan demikian, video bisa diisi pesan-pesan yang intinya bermanfaat bagi kepolisian dan masyarakat.

“Tentunya kemampuan untuk menggabungkan konten membutuhkan kreativitas para pembuat konten, agar lembaga (kepolisian) tetap relevan dengan ruang lingkup dan para pemangku kepentingan, dengan memperhatikan saluran pesan/ konten agar tepat sasaran,” ujar Irjen Toni Harmanto.

Irjen Toni Harmanto menambahkan, sejalan dengan pembuatan konten multiplatform tersebut, juga perlu diperhatikan kanal distribusinya dengan media-media, termasuk di dalamnya media sosial.

“Hubungan antara humas, media, jurnalis, masyarakat dan konten merupakan kerterkaitan dan suatu keharusan yang saling bersinergi, hubungan yang kuat dan berkelanjutan, untuk kepentingan institusi di setiap kegiatan kepolisian,” imbuhnya.

“Oleh karena itu, dengan dilakukan pelatihan konten kreatif dan kemampuan mengelola dengan baik bermedia ini, harapan saya kepada para peserta pelatihan bisa lebih profesional dalam melaksanakan seluruh tugas pokok dan fungsinya di setiap kesatuan masing-masing dengan kegiatan-kegiatan literasi digital, utamanya dalam mencegah penyebaran hoax, ujaran kebencian dan cyber crime,” ujar Meithiana.

Baca Juga  Rapimnas JMSI, Erick Thohir: Media Siber Harus Ikut Jaga Demokrasi

“Hal ini tidak hanya secara institusional, tetapi juga personil anggotanya yang humanis, persuasif, merangsek ke komunitas-komunitas mahasiswa,” imbuhnya.

Dalam pembukaan pelatihan konten kreatif jajaran Bid. Humas Polda Jawa Timur, juga dilaksanakan atas nama sivitas akademika Stikosa-AWS memberikan piagam penghormatan tertinggi kepada Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Dr. Toni Harmanto, M.H., yang telah mendorong anggotanya sebagai Polisi Humanis dan Cakap Digital.

Pelatihan konten kreatif Bid. Humas Polda Jawa Timur beserta jajarannya diikuti para peserta penugasan dari humas – humas 29 Polres se- Jawa Timur.

Pos terkait