Magetan Bentuk Tim CSIRT untuk Lindungi Aset TIK

Diskominfo resmi melaunching Computer Security Incident Response Team (CSIRT) di Pendopo Surya Graha, Selasa (04/06/2024).

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) resmi melaunching Computer Security Incident Response Team (CSIRT) di Pendopo Surya Graha, Selasa (04/06/2024).

Kepala Diskominfo Magetan, Cahaya Wijaya menjelaskan, pembentukan Tim CSIRT ini bertujuan untuk menangani, menganalisis, dan memulihkan dampak insiden keamanan siber pada aset teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK).

“Tim CSIRT akan bekerja untuk mengembangkan keamanan informasi, memantau traffic aplikasi untuk mendeteksi kejanggalan,” jelasnya.

Cahaya juga menyebutkan bahwa Tim CSIRT Magetan akan bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Jaringan pun akan diperluas dengan melibatkan dinas lain di masa mendatang.

Selain itu, mereka akan bergabung dan berkolaborasi dengan Tim Tanggap Insiden Siber dari kabupaten/kota lain untuk menangani insiden siber yang acapkali terjadi.

Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah pada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Danang Jaya mengapresiasi langkah Pemkab Magetan sebagai kota ke-17 di Jawa Timur yang membentuk Tim CSIRT.

Ia menegaskan bahwa Tim CSIRT tidak dapat bekerja sendiri. “Makin bagus jika berkolaborasi dengan ekosistem setempat dan Tim CSIRT lainnya untuk membentuk sistem keamanan siber rakyat semesta yang handal dan kokoh,” tegasnya.

BSSN berharap seluruh Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Magetan memiliki Tim CSIRT. Pihaknya akan mendukung peningkatan kompetensi serta assesment sumber daya manusia (SDM).

Baca Juga  Kabar Gembira : Pemutihan Denda Retribusi Keterlambatan Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor di Kabupaten Magetan

Pos terkait