Menuju Kampung Keluarga Berkualitas, Dinas PPKB-PP dan PA Kabupaten Magetan Adakan Evaluasi

Wakil Bupati Magetan – Evaluasi seperti ini memang rutin diadakan selama setahun sekali, Kampung KB yang ada di Kabupaten Magetan itu sebanyak 24.

Beritatrends, Magetan – Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB PP dan PA) Kabupaten Magetan melaksanakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Penyuluhan, Penggerakan, Pelayanan, dan Pengembangan Program Bangga Kencana pada Kampung Keluarga Berkualitas Kabupaten Magetan, yang bertempat di Magetan Park. Rabu (14/12/2022)

Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti mengatakan Evaluasi seperti ini memang rutin diadakan selama setahun sekali, oleh sebab itu kali ini khususnya Kampung KB yang ada di Kabupaten Magetan itu sebanyak 24 di tahun 2022 ini diadakan evaluasi.

“Mungkin dari kegiatan ini mana-mana yang perlu ditingkatkan, mana yang harus diperbaiki ini perlu dievaluasi, jadi nanti untuk tahun berikutnya akan lebih baik lagi,” jelas Wakil Bupati

Perlu diketahui bahwa sesuai intruksi presiden, tahun 2024 ini seluruh desa / kelurahan harus sudah menjadi Kampung KB. Oleh karena itu nanti dari 24 desa / kelurahan yang saat ini sudah menjadi Kampung KB bisa menjadi advokasi khususnya bagi desa – desa yang belum menjadi kampung KB untuk tahun berikutnya.

“Sesuai intruksi dari Presiden tahun 2024 seluruh desa/kelurahan harus sudah menjadi Kampung KB, oleh karena itu nantinya dari 24 desa/kelurahan yang sudah menjadi Kampung KB bisa menjadi advokasi khusus bagi desa yang belum menjadi Kampung KB, dan kekurangannya nanti semoga bisa terpenuhi ditahun 2023 mendatang,” tegas Wakil Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas PPKB PP dan PA Kabupaten Magetan Furiana menuturkan kalau spesifikasi dari evaluasi kali ini sama saja, dalam arti memang ada yang perlu ditingkatkan dan dibenahi.

“Spesifikasi dari evaluasi kali ini sama saja, memang perlu ada yang perlu ditingkatkan dan dibenahi yang jelas semuanya sudah baik tapi perlu untuk di push lagi agar tetap melaksanakan Kampung Berkualitas ini menjadi lebih baik lagi, dan kedepan bisa menjadi contoh desa/kelurahan lainnya,” terang Furiana

Lebih lanjut, dahulu itu Kampung Keluarga Berencana sekarang ini menjadi Kampung Keluarga Berkualitas, jadi diharapkan dengan peningkatan Sumber Daya Manusia ini sehingga nantinya kedepan bisa meningkatkan Sumber Daya Ekonominya, Sumber Daya Alamnya bisa ditingkatkan lebih baik, sehingga peningkatan income bagi masyarakat.

“Peningkatan itu sangatlah banyak, 8 fungsi keluarga itu kita tingkatkan semuanya, baik itu fungsi agama, fungsi pendidikan, dan lain sebagainya itu kita tingkatkan. Jadi ada beberapa yang harus kita sinergikan dengan OPD yang lain, dalam rangka menjadi Kampung Keluarga Berkualitas,” tutupnya.

Pos terkait