Meriahkan HUT ke 346, Pemerintah Kabupaten Magetan Gelar Pagelaran Wayang Kulit

  • Whatsapp

Pagelaran wayang kulit, yang dilaksanakan di Gedung Tripandita Magetan, Jawa Timur. Sabtu (16/10/2021) malam.

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Magetan yang ke 346, Pemerintah Kabupaten Magetan menggelar pagelaran wayang kulit, yang dilaksanakan di Gedung Tripandita Magetan, Jawa Timur. Sabtu (16/10/2021) malam.

Mengingat masih dalam pandemi covid-19 Wayang kulit dengan lakon “Kresno Gugah” yang dilaksanakan kali ini nampak beda dari yang sebelumnya. Pagelaran wayang kulit dapat dinikmati masyarakat melalui live streaming yang telah disediakan.

Hadir dalam pagelaran wayang kulit kali ini Bupati Magetan, Kabag Kesra, Kepala Disparbud Magetan, OPD dan masyarakat yang hadir secara terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Salah satu dalang sekaligus Ketua Persatuan Pedalang Indonesia (Pepadi) Kabupaten Magetan Ki Muslimin Ari Wiboyo mengatakan bahwa pagelaran wayang kulit kali ini merupakan apresiasi para dalang dalam rangka ikut memeriahkan hari jadi Kabupaten Magetan ke 346 tahun.

“Pagelaran wayang kulit kali ini kami buat berbeda dari sebelumnya, kalau biasanya dalang 1 dengan yang lainnya itu bergantian, namun kali ini kita kolaborasikan dalang sepuh (tua) dengan dalang muda, dalam artian supaya bersinergi antara yang lainnya.” jelas Ki Muslimin.

Lanjutnya, memang ini agak sulit namun dengan latihan yang sungguh pagelaran wayang kulit dengan dua dalang yang bergantian ini dapat berjalan dengan baik antara dalang 1 dengan dalang yang lain.

“Dalam pagelaran wayang kulit malam hari ini dimeriahkan sebanyak 6 dalang dan itu bergantian, serta mengambil lakon “Kresno Gugah” yang mana ini diharapkan bisa menggugah pimpinan kita yang ada di Kabupaten Magetan untuk bisa memperhatikan seni budaya di Kabupaten Magetan.” tutupnya.

Pos terkait