Pemukiman di Lereng Gunung Lawu Tersapu Banjir Bandang

Banjir Bandang di Lereng lawu

Beritatrends, Magetan – Hujan Lebat kembali terjadi di kawasan Magetan, Jawa Timur. Seperti di lereng Gunung Lawu Sisi Timur telah disapu Banjir Bandang selepas hujan lebat, Kamis (07/03/2024)

Puluhan KK Berada dibawah tebing setinggi 30 meter, yang mengakibatkan terendam air dan matrial, yang terseret arus air hingga masuk kedalam rumah warga.

Tebing setinggi 30 Meter yang berada di Duku Kuren, Desa Ndadi, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur tersebut mengakibatkan banjir bandang.

Seperti yang tersebar luar di sosial media maupun grub whatsapp, detik-detik terjadinya banjir bandang tersebut bercampur dengan batu matrial dan tanah yang menyapu pemukiman padat warga, kemungkinan ini disebabkan akibat talud yang berada di saluran irigasi desa setempat ambrol.

Longsor tak kuat menampung debit air akibat hujan yang sangat lebat yang terjadi selama 4 jam lamanya.

Salah satu warga sekitar, Mardi mengatakan disaat hujan lebat dirinya beserta keluarga berada di dalam rumah, secara tiba-tiba arus air datang menyapu rumah dan halaman miliknya, berhuntung ia san keluarga selamat.

“Banjir yang menimpa permukiman tersebut diperkirakan akibat talut saluran irigasi yang berada di atas tebing ambrol dan longsor, sehingga arus air membawa matrial lumpur dan bebatuan menyapu puluhan rumah warga yang berada dibawah tebing,” imbuh Perangkat Desa Ndadi, Hari Karyanto.

Ia menambahkan, informasi yang diterima dari beberapa warga masyarakat kejadian ini tidak mengakibatkan korban jiwa, hanya saja matrial lumpur dan bebatuan menyapu puluhan rumah warga.

Baca Juga  Polres Sampang Kembali Kirim 44 Personil Tambahan Dalam Pengamanan BKO Pilkades Bangkalan

Pos terkait