Pengabdian IKM berbasis Mapel Kimia dengan Tim MGMP Kimia SMA Kab. Sidoarjo

TIM Pengabdian Kimia UM Lakukan Pengabdian IKM berbasis Mapel Kimia dengan Tim MGMP Kimia SMA Kab. Sidoarjo

Beritatrends, Sidoarjo – Tim Pengabdian Kimia UM sukses menyelenggarakan kegiatan pengabdian bersama tim MGMP Kimia SMA Kab. Sidoarjo dengan tema pengabdian, ”sosialisasi tentang kesalahan konsep dan miskonsepsi kimia”. Kegiatan pengabdian kali ini merupakan serangkaian dari 6 agenda pengabdian bersama tim MGMP Kimia Kab. Sidoarjo. Kegiatan tersebut berlangsung secara Hybrid, di siang hari (12.30 WIB). Bapak/ibu Guru MGMP Kimia bersama di SMA Negeri 1 Waru, Sidoarjo, sedangkan Tim pengabdian secara daring, Selasa (23/8/2022)

Materi konsep dan miskonsepsi kimia disampaikan oleh Dosen Kimia UM, yakni Prof. Dr. Hayuni Retno Widarti, M.Si. Dalam kesempatan tersebut, beberapa materi kimia yang sudah sering terjadi kesalahan konsep/miskonsepsi.

Di antaranya: titrasi, asam-basa, konsep resonansi dalam kimia organik, dan hidrokarbon. Dasar penemuan masalah tersebut merupakan hasil riset dari pemateri dan koleganya.

Mengenai tema pengabdian kali ini, pemateri telah memberikan metode yang dapat digunakan oleh Bapak/Ibu Guru kimia untuk identifikasi kesalahan konsep/miskonsepsi, yaitu: penggunaan instrument khusus seperti Two-Tier Diagnostic Test (TTDT), peta konsep, open-ended test, prediksi-observasi-eksplanasi (POE), interview, relasi kata dan gambar, Three-tier test, dan four-tier test.

Setelah pemaparan materi, kegiatan tanya-jawab berlangsung dengan antusias. Hal yang perhatian saat ini dari Bapak/Ibu Guru adalah contoh instrumen yang digunakan untuk mengetahui kesalahan konsep/miskonsepsi.

Selain itu, Bapak/Ibu Guru MGMP juga antusias untuk mengikuti agenda selanjutnya, terutama masalah Asesmen Nasional secara spesifik bidang kimia.

Baca Juga  Teriris-Iris Hati Melihatnya dan Sangat Memprihatinkan! Murid TK Az-Zahra Magetan Terpaksa Belajar Berpindah-Pindah Karena Tak Punya Gedung

Pos terkait