Peringati HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Forkopimda Magetan Gelar Malam Tirakatan

Peringati HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Forkopimda Magetan Gelar Malam Tirakatan

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan mengelar malam Tirakatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 kemerdekaan RI di Pendopo Surya Graha, Selasa (16/8/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Dr. Drs. H. Suprawoto, SH, M.Si Bupati Magetan beserta istri Hj. Titik Sudarti Suprawoto dan Dra. Hj. Nanik Endang Rusminiarti, M.Pd Wakil Bupati Magetan.

Hadir pula, H. Sujatno, SE, MM Ketua DPRD Magetan, Ir. Hergunadi, MT Sekretaris Daerah Kab. Magetan, Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P Komandan Kodim 0804/Magetan dan AKBP Muhammad Ridwan, S.I.K, M.Si Kapolres Magetan.

Dan juga Letkol Inf Juhok Sukmawan Komandan Secata Rindam V/Brw, Letkol Kal Taufan Subijantoro Forkopimda Lanud Iswahyudi, Gabriel, SH Kasidatun Kejaksaan Negeri Magetan mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Magetan.

Sekaligus seluruh jajaran Pemkab Magetan, para Kepala OPD dan Kepala Bagian pemkab Magetan, para Alim Ulama, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Magetan, serta Perwakilan FKUB Magetan.

Bupati Suprawoto dalam sambutanya mengajak pada malam tirakatan ini untuk memanjatkan puji syukur dengan cara menghormati jasa para pahlawan.

“Kita wajib memaknai rasa syukur dengan mendoakan Arwah Para Pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia,” ucapnya.

Ia mengatakan, pada HUT ke 77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 ini mengambil tema Pulih lebih cepat, Bangkit lebih kuat.

“Kita masih perlu usaha keras dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat, maka dari itu kita harus terus membangun, bergotong royong dalam menghadapi Krisis Global,” kata Suprawoto.

Lebih lanjut, acara pada malam hari ini juga sebagai bentuk kita untuk intropeksi diri dalam merenungi dan mengenang jasa-jasa Para Pahlawan, bagaimana kemudian Pendiri Bangsa ini menghibahkan seluruh Jiwa Raganya untuk Kemerdekaan.

“Kita di sini berkumpul mengintropeksi diri kita, kemudian kita bisa mengisi Kemerdekaan itu,” jelasnya.

Kegiatan ini diisi juga dengan tahlil singkat dan Do’a yang dipimpin oleh KH. Ahmad Fathoni Ketua MUI Magetan, dan selanjutnya dilakukan prosesi Pemotongan Tumpeng.

Malam Tirakatan meurupakan kegiatan rutin setiap 1 tahun sekali yang dilaksanakan oleh Pemkab Magetan dengan tujuan melaksakan Do’a bersama untuk memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 dan mendoakan Para Pahlawan yang telah gugur.

Pos terkait