Pimpin Renungan dan Doa Peringatan HBP Ke-59

Karutan Magetan Ajak Jajarannya Refleksikan Perjalanan Pemasyarakatan

Beritatrends, Magetan – Berbeda dari biasanya, Apel pagi Pegawai di Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim pada hari ini (27/04/2023) dirangkaikan dengan kegiatan Renungan dan Do’a dalam rangka Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59. Hal tersebut merupakan tindak lanjut Surat Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan PAS.1-UM.01.01-492 perihal Pelaksanaan Rangkaian Kegiatan Puncak Hari Bakti Pemasyarakatan Kemenkumham ke-59 Tahun 2023.

Bertempat di Aula Rutan, kegiatan apel dipimpin langsung oleh Kepala Rutan dan diikuti oleh seluruh jajaran Petugas. Apel yang dirangkaikan dengan Renungan dan Do’a kali ini merupakan refleksi dan wujud syukur atas peristiwa yang mengawali tonggak lahirnya perubahan fundamental dalam dunia Pemasyarakatan.

Dalam sambutannya, Kepala Rutan Eries Sugianto mengingatkan bahwa pada tanggal 27 April ini, di tahun 1964 adalah momen dimana Pemasyarakatan dikukuhkan menjadi sebuah sistem baru yang menggantikan sebuah sistem lama warisan kolonial. Sebuah sistem yang oleh para pendahulu kita ditata jauh lebih manusiawi dan berlandaskan kepribadian bangsa Indonesia, yaitu Pancasila.

Karutan lantas mengajak jajarannya merefleksikan kembali perjalanan panjang Pemasyarakatan dalam melakukan penegakan hukum dan pelindungan HAM bagi Tahanan, Anak, dan Warga Binaan. “Perlu kita renungkan kembali apakah kita masih setia dan konsisten melanjutkan perjuangan para guru dan pendahulu dalam mewujudkan Tujuan Pemasyarakatan”,ujarnya.

Lebih lanjut, Eries berharap peringatan momen bersejarah seperti ini dapat dimaknai sebagai media penyambung semangat dan cita-cita para pendahulu sekaligus sebagai wahana yang mampu menumbuhkan kecintaan jajaran Pemasyarakatan terhadap institusi.

Eries berpesan dan mengingatkan kepada seluruh jajaran untuk hidup sederhana dan menjalanlan tugas dan fungsi sebagaimana mestinya. “Saya tekankan tetaplah menjadi pelayan masyarakat yang Ber-Akhlak dan anti korupsi! jadilah pribadi unggul yang mempunyai semangat mengabdi dengan tulus dan ikhlas penuh dedikasi, memiliki komitmen untuk menjaga integritas moral dan tetap berpedoman pada 3+1, 3 (tiga) kunci Pemasyarakatan Maju dan penerapan Back to basics”, pungkasnya.

Baca Juga  Mortir Penemuan Warga Trowulan Diledakan Tim Gegana Polda Jatim Bersama Polres Mojokerto

 

Pos terkait