Rehabilitasi DAM Seturi Optimalkan Fungsi Pengairan Lahan Pertanian

  • Whatsapp

Saluran jaringan irigasi Seturi di Desa Campursari.

Beritatrends, Magetan – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada tahun 2021 melakukan rehabilitasi terhadap saluran jaringan irigasi atau DAM Seturi yang berada di Desa Campursari, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan.

“Proses rehabilitasi jaringan irigasi Seturi sampai saat ini telah mencapai 100% tinggal finishing saja,” ungkap Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Kabupaten Magetan Yuli K Iswahyudi, Rabu (29/9/2021).

Ia berharap, setelah keseluruhan perbaikan jaringan Seturi selesai, dapat difungsikan kembali dengan lebih optimal kepada pemanfaat -+ 15 Hektar lahan pertanian di Desa Campursari dan Candirejo.

“Setelah di rehabilitasi, DAM Seturi semoga bisa berumur panjang dan bisa berfungsi optimal, Dalam rangka mendukung ketahanan pangan di Desa Campursari dan Candi,” harapnya.

Yuli K Iswahyudi menjelaskan, rehabilitasi dilakukan karena bagian tugu bendung dan sayap kanan jaringan DAM Seturi ambrol akibat diterjang banjir beberapa waktu lalu.

“Kebetulan pada tahun 2021 ini ada kegiatan di Seturi, maka kita fokuskan pada bangunan utama atau medel nya agar bisa berfungsi normal kembali,” jelasnya.

Selain itu pada bangunan DAM Seturi, masih kata Yuli K Iswahyudi, juga telah sejak lama tidak mendapatkan rehabilitasi bendungan, maka diperlukan normalisasi.

“Lama tidak di rehabilitasi, khususnya pada bendung.” Katanya. (*)

Pos terkait