Reog dan Ketoprak Meriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Desa Mojorejo

Reog dan Ketoprak Meriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Desa Mojorejo.

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka menyemarakkan HUT KE-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022, warga Desa Mojorejo mengadakan berbagai kegiatan dan hiburan kesenian tradisional Reog Ponorogo di Lapangan Desa setempat, Rabu (22/8/2022).

Untuk menjaga dan melestarikan budaya tersebut, Pemerintah Desa Mojorejo, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan menghadirkan kesenian kebanggan warga Negara Indonesia yakni Reog Ponorogo untuk memeriahkan Kemerdekaan RI ke-77.

Ratusan warga Desa Mojorejo dan sekitarnya terlihat antusias melihat pagelaran Reog Ponorogo. Hal itu menjadi bukti bahwa kesenian ini masih menjadi tontonan yang sangat menarik. Kepala Desa Mojorejo Hj. Sudarwati beserta sang suami Sujatno (Ketua DPRD Magetan).

‚ÄúSore ini kita mengelar hiburan Reog di Lapangan Mojorejo agar masyarakat bisa berkumpul memeriahkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI,” ungkap Sujatno.

“Kesenian Reog ini milik warga Desa Mojorejo sendiri, nguri-nguri leluhur, kebudayaan bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Ia mengatakan, Desa Mojorejo ingin menggaungkan kembali seni budaya tradisional milik Bangsa Indonesia agar tidak musnah dan bisa diterima di kalangan anak-anak dan pemuda saat ini.

“Kita menjaga kebersamaan, kekompakan, dan gotong royong antar warga tumplek blek di pagelaran ini, dalam rangka menyaksikan pagelaran Reog mempererat silaturahmi,” jelasnya.

Selain itu, Desa Mojorejo meriahkan HUT ke-77 RI dengan berbagai kegiatan, mulai dari lomba, hari ini hiburan Reog, dan nanti malam Hiburan Ketoprak.

“Selanjutnya nanti malam juga akan digelar Ketoprak Humor yang pemainnya merupakan warga Mojorejo dan dibantu pelaku seni dari Magetan,” pungkas Sujatno.

Baca Juga  Barape Sawa Bengkayang, Acara Adat Sub Suku Bakatik Begini Ceritanya

Pos terkait