Desa Temon Gelar Ruwatan Dengan Wayang Kulit

acara ruwatan Desa Temon Ngrayun dengan wayang kulit

Beritatrends, Ponorogo –  Pemerintah Desa Temon Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo bersama tokoh masyarakat dan warga menggelar ruwatan bersih desa di balai desa setempat, Jum’at (24/6).

Dalam ruwatan tersebut digelar dengan menampilkan wayang kulit dengan dalang dari sesepuh desa setempat sekitar 30 menit yang dilanjutkan dengan kenduri atau doa bersama.

Kepala Desa Temon Joko Prasetyo, ST saat dikonfirmasi menyampaikan, acara ruwatan ini dalam rangka bersih desa, yang merupakan salah satu wujud rasa syukur dan berdoa bersama kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar Desa Temon selalu diberikan keberkahan, keselamatan, terhindar dari segala wabah maupun bencana.

“Selain berdoa meruwat bersih desa, suara ini juga sebagai upaya nguri-nguri dan melestarikan tradisi budaya kearifan lokal yang sudah ada turun temurun di Desa Temon ini, “kata Joko Prasetyo.

Joko Prasetyo menambahkan, pihaknya berharap, dengan ruwatan tersebut, kedepan akan menjadikan Desa Temon aman, damai, tenteram, sejahtera dan lancar dalam menjalankan roda pemerintahan serta terwujudnya pemerataan pembangunan.

“Semoga dengan ruwatan ini akan membawa keberkahan bagi seluruh warga Desa Temon, “pungkasnya.

Pos terkait