Tahun Depan, Pembangunan Embung Ringinagung Dilanjut

Embung Ringinagung.

Beritatrends, Magetan – Tahun depan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Magetan bakal melanjutkan pembangunan Embung Ringinagung. Setelah dilakukan pendalaman kolam dan pembangunan fisik embung pada tahun 2022, rencananya pendalaman kolam Embung akan dilakukan lagi pada tahun 2023.

“Tahun ini telah dilakukan pengalian pendalaman embung dan pembuatan tembok pengaman kiri dan kanan. Sudah selesai dibangun dan sudah berfungsi, tahun depan rencananya akan kita tambah kedalaman di bagian utara barat,” kata Kepala Bidang (Kabid) SDA Dinas PUPR Magetan, Yuli K Iswahyudi, S.T, Selasa (6/12/2022).

Ia menjelaskan, tahap pendalaman kolam meliputi pengambilan batu-batu besar di dasar, kemudian sebagai bentuk pemanfaatan batu-batu besar tersebut dijadikan pulau buatan di tengah waduk.

“Selain untuk menambah volume. Juga, kalau bisa dikembangkan jadi objek wisata, tentu akan menambah pemasukan untuk daerah,” ungkap Yuli.

Ditambahkannya, Embung yang dibangun di Desa Ringinagung, Kecamatan Magetan Kota pada 2021 itu diproyeksikan menjadi pengendali banjir wilayah kota.

Memiliki luas mencapai satu hektare. Yuli menyebut, Embung tersebut akan memiliki fungsi vital dalam menahan debit air berlebih. “Akan mengurangi air masuk ke Kali Gandong lewat Jalan Thamrin,” terangnya.

Harapan ke depan, hadirnya Embung Ringinagung tidak hanya berfungsi hanya irigasi. Tapi juga bisa jadi landmark dan salah satu tujuan wisata.

Baca Juga  Kadiskominfotik Rohil Kunjungi Wisata Bangko Mukti, Rencana Lokasi Launching Internet Murah Oleh Bupati

Pos terkait