SAE Rutan Kabanjahe Kanwil Kemenkumhan Sumut Panen Jagung

“Wujud Kontribusi Ketahanan Pangan, SAE Rutan Kabanjahe Kanwil Kemenkumhan Sumut Panen Jagung”

Beritatrends, Kabanjahe – Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Rutan Kelas IIB Kabanjahe terus mengembangkan potensinya terutama dalam bidang pertanian dan perkebunan. Pengoptimalan lahan kosong dalam budidaya berbagai jenis tanaman gencar dilakukan. Salah satunya tanaman jagung pioner. Varietes ini tumbuh subur di lahan SAE dan sukses panen dengan hasil memuaskan, meski dengan lahan yang terbilang minim.

Rabu (10/05/2023), Kepala Rutan Kelas IIB Kabanjahe CHANDRA SYAHPUTRA TARIGAN,S.H.,M.H ikut panen jagung di lahan SAE, diikuti Staf Bimker dan warga binaan asimilasi, panen jagung mencapai 300 kilogram. Terhadap hasil panen, Karutan mengapresiasi kerja keras warga binaan asimilasi serta kinerja petugas dalam melakukan pembinaan dan pendampingan selama proses budidaya jagung.

“Ini merupakan kesekian kalinya Sarana Asimilasi dan Edukasi melakukan panen. Panen ini menunjukkan keberhasilan kegiatan pembinaan di Sarana Asimilasi dan Edukasi dengan tujuan untuk memberikan bekal keterampilan kepada warga binaan sebelum mereka bebas sehingga dapat diterapkan di tengah-tengah masyarakat ketika bebas nanti”, ujar Karutan.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Rutan Kabanjahe itu menerangkan budidaya jagung adalah wujud kontribusi Rutan Kabanjahe dalam mendukung ketahanan pangan nasional melalui peningkatan produksi jagung.

Diketahui, sebanyak 5 warga binaan menjalani program pembinaan di Sarana Asimilasi dan Edukasi dengan pengawasan dan pembinaan oleh petugas. Selain jagung, berbagai jenis tanaman di budidayakan di SAE seperti sawi pahit dan cabe. Selain itu juga dibudidayakan ikan lele metode bioflog.

Pos terkait