Sambangi Ridwan pencari barang Bekas, KAPOLRES Sekolakan Anak Boru sinaga ink. 

Beritatrends, Batubara – Kisah mengharukan datang dari Desa Empat Negeri, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Kabupaten Batubara, Sumatra Utara. Pasangan suami istri Ridwan Sinaga (56) dan Mastri Dewi Haloho (39) harus menjadi pemulung/mencari barang bekas untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tak hanya itu, mereka terpaksa membawa/mengajak kedua anaknya diatas angkong untuk menjemput rezeki.

Ridwan Sinaga bersama Mastri Dewi Haloho menceritakan, dirinya harus menempuh jarak puluhan kilometer untuk mencari barang bekas/memulung dengan menggunakan angkong.

“Kami mulai mulung dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Kami cari barang bekas Mulai dari Tanah Itam Ulu, Pekan Selasa, Pulau Sejuk hingga seputaran Kecamatan Lima Puluh,” katanya.

Memiliki tiga orang anak, dirinya harus membawa serta kedua anaknya yang berusia 3,5 tahun dan 1,9 tahun diatas angkong untuk mencari barang bekas/memulung. Sedang seorang anak lainnya berusia 11 tahun dititipkan dirumah keluarga yang tidak jauh dari kediamannya.

Untuk penghasilan dari penjualan barang bekas, ia mengaku mendapat sekitar Rp 20.000 – 30.000 per hari. Pendapatan tersebut harus dibagi untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

“Mereka harus dibawa sebab dirumah tidak ada yang menjaga. Mereka diletak diatas angkong, bersebelahan dengan goni tempat barang bekas. Pendapatan sekitar Rp 20.000 – 30.000. pendapatan itu dibagi-bagi untuk kebutuhan sehari-hari. Kalau dibilang tidak cukup, ya alhamdulillah dicukupkan,” ujarnya.

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis merasa haru melihat perjuangan hidup dari Ridwan Sinaga dan Mastri Dewi Haloho.

“Tadi saya melintas jalan besar Desa Empat Negeri hendak ke Tanjung Tiram. Ditengah perjalanan, saya melihat pasangan suami istri mendorong angkong dengan membawa 2 orang anak. Ketika saya tanya, mereka mengatakan sedang mencari barang bekas/mulung. Kemudian saya ajak menuju kediaman mereka untuk melihat lebih dekat kehidupan keluarga Ridwan,” ungkapnya.

Saat mendengar langsung kisah perjuangan hidup Ridwan Sinaga dan Mastri Dewi Haloho, AKBP Ikhwan Lubis berjanji akan memberikan bantuan. Untuk tahap awal, dirinya memberikan bantuan paket sembako untuk kebutuhan sehari-hari. Selanjutnya bantuan perlengkapan sekolah untuk putra pertama dari Ridwan Sinaga.

“Kita melihat kondisi kediamannya sangat memperihatinkan. Nanti, melalui Komunitas Sedekah Jumat, perlahan rumahnya akan kita renovasi. Kemudian, tadi kita dengar anak pertamanya putus sekolah (kelas 5 SD). Tadi sudah kita bujuk untuk kembali sekolah, perlengkapan kita lengkapi, kita belikan sepeda, kita daftrakan lagi langsung ke sekolahnya,” katanya.

AKBP Ikhwan Lubis berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi keluarga Ridwan Sinaga dan Mastri Dewi Haloho.

“Kalau tidak ada beras untuk makan, silahkan ke Polres Batubara. Kita akan siapkan bantuan beras. Kalau untuk anak yang sedang sekolah memiliki kekurangan biaya (kebutuhan sekolah), silahkan hubungi kami. Anak ini sudah kami angkat menjadi anak asuh Polres Batubara,” tuturnya.

Pos terkait